Jumat 09 April 2021, 10:03 WIB

Turki dan Uni Eropa Saling Tuding dalam Insiden Sofagate

Basuki Eka Purnama | Internasional
Turki dan Uni Eropa Saling Tuding dalam Insiden Sofagate

AFP/Handout
Tangkapan layar yang memperlihatkan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tidak kebagian kursi saat bertemu Presiden Erdogan

 

TURKI dan Uni Eropa, Kamis (8/4), saling menyalahkan setelah Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tidak mendapatkan tempat duduk kala bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara.

Erdogan mendapat kritik tajam setelah gambar pertemuan antara dirinya dengan Von der Leten dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel di Ankara, Selasa (6/4) menjadi viral.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi bahkan menyebut insiden itu membuktikan bahwa Erdogan adalah seorang diktator. Pernyataan itu memancing tanggapan keras dari Turki.

Baca juga: PM Italia Sebut Erdogan Diktator, Turki Protes Keras

Ruang pertemuan antara ketiga pemimpin dunia itu hanya menyediakan dua kursi yang disusun di dekat bendera Uni Eropa dan Turki.

Erdogan dan Michel langsung menempati kedua kursi itu, sementara Von der Leyen--yang posisi diplomatisnya sejajar dengan kedua pemimpin itu--terpaksa berdiri.

"Ehm," kata Von der Leyen sembari mengangkat tangan ke arah Michel dan Erdogan.

"Pengaturan kursi itu sesuai dengan masukkan dari Uni Eropa. Titik," tegas pemerintah Turki dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami tidak akan mengungkapkan hal itu seandainya tidak ada tudingan bahwa insiden itu adalah kesalahan Turki," kilah Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Namun, Dewan Eropa mengatakan tim protokol mereka tidak diizinkan meninjau ke ruang pertemuan sebelum pertemuan antara ketiga pemimpin itu.

"Jika ruangan untuk pertemuan tete-a-tete itu ditinjau terlebih dahulu, kami akan menyarankan kepada pihak tuan rumah untuk mengganti sofa dengan dua kursi bagi kedua pemimpin Uni Eropa," tegas tim protokol Dewan Eropa.

Insiden diplomatis itu dengan segera dijuluki sofagate dan menjadi pusat pembahasan pertemuan pertama antara Uni Eropa dan Turki dalam tempo satu tahun itu. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Steve Parsons / POOL / AFP

Ratu Elizabeth Ucapkan Salam Perpisahan untuk Pangeran Philip

👤¬†Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 11:28 WIB
Ratu Elizabeth akan mengucapkan salam perpisahan kepada suaminya, Pangeran Philip, dalam upacara pemakaman yang digelar pada Sabtu...
MANDEL NGAN / AFP

Elon Musk Siap Kuasai Bisnis Luar Angkasa, Jeff Bezos Gigit Jari

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 10:02 WIB
Elon Musk mengalahkan Jeff Bezos dalam tender pembangunan pesawat ruang angkasa untuk NASA dengan nilai kontrak Rp42,1...
AFP/SILVIO AVILA

Dampak Covid-19, Brasil Imbau Wanita di Negaranya Tunda Kehamilan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 08:54 WIB
Brasil mengimbau wanita di negaranya untuk menunda kehamilan sampai pandemi covid-19 terburuk berlalu setelah muncul varian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya