Selasa 29 Desember 2020, 03:10 WIB

Pengungsi Suriah Melarikan Diri dari Kamp Lebanon

Pengungsi Suriah Melarikan Diri dari Kamp Lebanon

AFP
Pengungsi Suriah berada di antara reruntuhan tempat penampungan mereka yang terbakar

 

RATUSAN pengungsi Suriah melarikan diri dari kamp sementara mereka di Lebanon utara setelah tenda mereka dibakar akibat pertempuran antara pemuda setempat dan penduduk kamp.

“Sedikitnya tiga orang terluka dalam bentrokan pada hari Sabtu di wilayah Miniyeh dekat kota pantai Tripoli. Setelah itu para pemuda membakar kamp tersebut,” kata kantor berita nasional milik negara Lebanon.

Ketegangan antara pengungsi dan penduduk meningkat di Lebanon dalam beberapa tahun terakhir. Pekerja kemanusiaan dan politisi mengatakan ketegangan dipicu rasisme dan kemarahan warga yang menyalahkan pengungsi karena mengambil pekerjaan mereka selama krisis keuangan. Lebanon telah menerima lebih dari satu juta pengungsi Suriah sejak dimulainya perang saudara di negara itu pada 2011.

Petugas pemadam kebakaran dilaporkan telah tiba di lokasi dan telah sukses memadamkan api. Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari pemerintah Lebanon mengenai insiden ini.


Tenaga kerja murah

Mereka telah menjadi sumber tenaga kerja murah yang signifi kan untuk sektor konstruksi dan pertanian Lebanon.

Damaskus mendesak otoritas peradilan Lebanon dan pasukan keamanan untuk memikul tanggung jawab mereka untuk memastikan bahwa warga negaranya dilindungi.

“Suriah menyesalkan kebakaran yang membuat takut penduduknya dan membuat mereka kehilangan tempat berlindung,” kata kementerian luar negeri Suriah dalam sebuah pernyataan di media pemerintah.

Khaled Kabarra, juru bicara badan pengungsi PBB, mengatakan hampir 400 warga yang melarikan diri dari kamp pergi ke perkemahan tertutup lainnya atau menemukan tempat penampungan sementara di sekolah dan hotel kosong.

Menurut survei badan pengungsi PBB UNHCR, Program Pangan Dunia, dan Badan Anak-Anak PBB, 89% keluarga pengungsi Suriah di negara itu kini hidup dalam kemiskin an ekstrem. Naik dibanding kondisi tahun lalu yang sebesar 55%.

“Kenaikan tajam mencerminkan krisis yang semakin parah yang dihadapi para pengungsi Suriah di Lebanon,” demikian pernyataan. (Aiw/The Guardian/I-1)

Baca Juga

Carl-Olof ZIMMERMAN / TT News Agency / AFP

Di Negara ini, Warga yang Sudah Divaksin Dapat Kelonggaran

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 01:50 WIB
Sekitar 2,2 juta dari 10,4 juta populasi Swedia telah menerima setidaknya satu dosis...
Metro Tv/Laela Zahra

Korsel Perkuat Diplomasi di ASEAN lewat The New Southern Policy

👤Laela Zahra 🕔Jumat 16 April 2021, 21:34 WIB
Melalui kebijakan The New Southern Policy, Korea ingin memvariasikan hubungan dengan negara-negara...
AFP/Fayez Nureldine.

Kota Mawar di Saudi Bermekaran dan Mewangi saat Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 21:18 WIB
Pada April, bunga-bunga itu dipanen untuk minyak esensial yang digunakan untuk membersihkan dinding luar dari Kakbah yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya