Selasa 17 November 2020, 15:35 WIB

Maia Sandu, Presiden Wanita Pertama Moldova

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Maia Sandu, Presiden Wanita Pertama Moldova

Sergei GAPON / AFP
Kandidat presiden yang pro-Barat, Maia Sandu.

 

KANDIDAT presiden pro-Barat, Maia Sandu, memenangkan pemilihan presiden Moldova usai putaran kedua melawan petahana Igor Dodon.

Setelah seluruh surat suara selesai dihitung, mantan perdana menteri itu memperoleh 57,75% suara. Sementara saingannya, Igor Dodon mendapat 42,25% suara. Hasil akhir akan diumumkan dalam lima hari.

Baca juga: 65 Karyawan di Markas Besar WHO Positif Covid-19

Sandu yang kini berusia 48 tahun merupakan mantan ekonom Bank Dunia yang mendukung hubungan dekat dengan Uni Eropa, sementara itu Dodon secara terbuka didukung oleh Rusia. Wanita yang akan menjadi presiden perempuan pertama Moldova ini mengaku akan memprioritaskan pemberantasan korupsi dan mempersatukan negara jika menjadi presiden kelak.

Namun, dia menghadapi tantangan besar, yaitu pandemi covid-19 dan masalah ekonomi karena Moldova merupakan salah satu negara termiskin di Eropa. Pada Minggu malam, telah terjadi perayaan di luar markas besar Maia di ibu kota Chisinau dengan para pendukung meneriakkan “Presiden Maia Sandu!”.

Mantan perdana menteri ini memenangkan putaran pertama pemungutan suara dua minggu lalu berkat lonjakan dukungan yang terlambat dari warga Moldova yang tinggal di luar negeri, tapi gagal mengamankan suara yang cukup untuk kemenangan langsung.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Korsel Perketat Aturan Jaga Jarak

Berdasarkan data pada situs Komisi Pemilihan Umum Pusat, hingga Minggu malam lebih dari 1,6 juta orang atau hampir 53% dari populasi dengan hak pilih dipastikan telah ambil bagian dalam pemilihan putaran kedua.

“Para pemilih dapat memberikan suara mereka di lebih dari 2 ribu TPS, termasuk yang tersedia bagi warga Moldova yang tinggal di luar negeri,” kata Komisi Pemilihan Pusat. (BBC/OL-6)

Baca Juga

AFP/Alexander NEMENOV

Rusia Catat Rekor Kematian Harian Akibat Covid -19

👤Nur AivanniĀ  🕔Rabu 20 Oktober 2021, 19:09 WIB
Negara tersebut mencatat 34.074 kasus baru akibat virus korona, menurut penghitungan...
AFP.

Perubahan Iklim Dituding sebagai Penyebab Banjir India dan Nepal

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:59 WIB
Para ahli mengatakan bahwa mereka merupakan korban dari cuaca yang semakin tidak terduga dan ekstrem dalam beberapa tahun terakhir di Asia...
Chris DELMAS / AFP

Facebook Diminta Hentikan Proyek Mata Uang Kripto

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:53 WIB
Facebook pada 2019 lalu mengumumkan rencana proyek mata uang kripto, namun, dengan segera ditentang legislator di berbagai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya