Rabu 02 September 2020, 07:14 WIB

Jelang Sidang, Charlie Hebdo Cetak Ulang Kartun Nabi Muhammad

Basuki Eka Purnama | Internasional
Jelang Sidang, Charlie Hebdo Cetak Ulang Kartun Nabi Muhammad

AFP/STR
Halaman depan Charlie Hebdo edisi Rabu (2/9).

 

MAJALAH satir mingguan Prancis Charlie Hebdo yang menjadi sasaran penembakan pada 2015, Selasa (1/9), mengatakan akan menerbitkan ulang kartun Nabi Muhammad yang kontroversial untuk menandai dimulainya persidangan terhadap kaki tangan penyerangan kantor mereka.

Halaman depan Charlie Hebdo edisi Rabu (2/9) menampilkan puluhan kartun yang mengejek Nabi Muhammad, mencetak ulang gambar yang memicu protes saat pertama kali diterbitkan serta memicu perdebatan mengenai kebebasan berpendapat.

"Kami tidak akan tinggal diam. Kami tidak akan menyerah," tegas Direktur Laurent 'Riss' Sourisseau dalam editorial yang diterbitkan bersama edisi terbaru Charlie Hebdo itu.

Baca juga: Hamas-Israel Capai Kesepakatan Hentikan Eskalasi

"Kebencian yang menghantam kami masih ada. Sejak 2015, kebencian itu bermutasi, berubah bentuk, menjadi tidak disadari, dan dengan diam-diam melanjutkan aksi kejam mereka," imbuhnya.

Sebanyak 12 orang, termasuk sejumlah kartunis kenamaan Prancis, tewas pada 7 Januari 2015, ketika kakak beradik Said dan Cherif Kouachi melancarkan serangan ke kantor Charlie Hebdo di Paris.

Kedua pelaku tewas selepas aksi penembakan itu namun 14 kaki tangan mereka, yang juga berencana menyerang sebuah supermarket Yahudi akan disidangkan di Paris, Rabu (2/9).

Halaman depan edisi terbaru Charlie Hebdo menampilkan kartun yang pertama kali diterbitkan harian Denmark Jyllands-Posten pada 2005 dan kemudian diterbitkan ulang majalah Prancis itu pada 2006, memicu kemarahan warga Muslim

Di tengah halaman depan itu ditampilkan kartun Nabi Muhammad yang digambar oleh kartunis Jean Cabut, salah satu yang tewas dalam serangan pada 2015 itu.

Edisi terbaru Charlie Hebdo itu akan bisa didapatkan di kios koran pada Rabu (2/9) pagi saat sidang digelar. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Parlemen Korut Siap Setujui Agenda Kim Jong-un

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:48 WIB
Sebelum mengadakan sidang, pejabat tinggi parlemen Korut bahkan meletakkan bunga di patung kakek dan ayah Kim sebagai bentuk...
AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER

Kekhawatiran pada Vaksin Pfizer-BioNTech di Norwegia Meningkat

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 12:55 WIB
Kekhawatiran yang meningkat atas vaksin pfizer-biontech lantaran beberapa lansia meninggal akibat mendapati efek samping dari vaksin...
AFP/ODD ANDERSEN

Armin Laschet Terpilih sebagai Pemimpin Partai CDU Jerman

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 11:20 WIB
Ia telah mengalahkan salah satu rivalnya Friedrich Merz dengan memperoleh 521 suara berbanding 466 suara dalam pemilihan putaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya