Kamis 13 Februari 2020, 01:15 WIB

Dubes Saudi Sebut Kuota Haji Indonesia Terbesar

Dubes Saudi Sebut Kuota Haji Indonesia Terbesar

MI/Susanto
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi saat berkunjung ke kantor Media Group

 

DUTA Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi mengatakan kuota haji Indonesia merupakan yang terbesar.

Hal itu disampaikannya saat bersilaturahim ke kantor Media Group.

"Kuota haji untuk Indonesia adalah yang terbesar, sekitar 240.000. Tahun lalu, kita naikkan kuotanya 10.000," kata Dubes Althagafi di Gedung Grand Studio Metro TV, Jakarta, kemarin.

Adapun untuk tambahan kuota haji tahun ini untuk Indonesia, lanjutnya, itu tergantung pada kesepakatan dari kedua negara.

Dalam kesempatan itu pun Dubes Saudi menyinggung tentang pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Dikatakannya bahwa Rizieq Shihab bisa pulang ke Indonesia kapan pun.

"Kapan pun. Jika dia memilih tinggal di sana (Arab Saudi), dipersilakan. Dia juga bebas untuk meninggalkan negara kami (Arab Saudi), kapan pun," katanya

Saudi berubah

Dalam kesempatan tersebut, Dubes juga membahas mengenai hubungan kedua negara yang sangat baik.

Ia mengatakan bahwa Indonesia selama ini hanya melihat Arab Saudi sebagai negara untuk pergi beribadah baik haji ataupun umrah. Padahal, saat ini, Arab Saudi telah melakukan perubahan, tidak hanya dari aspek ekonomi, tapi juga dari aspek kehidupan sosialnya.

Terlepas dari itu, ia pun berharap agar kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi dapat terus ditingkatkan, terutama di bidang investasi dan ekonomi.

Apalagi, Indonesia berencana akan memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kalimantan.

Dubes lalu berharap Arab Saudi bisa berpartisipasi di dalamnya.

"Ada diskusi dari beberapa investor Arab Saudi untuk mempelajari dan ambil bagian dalam pembangunan ibu kota baru. Kita berharap kita bisa melakukannya dan berpartisipasi di sana," katanya.

Pada kesempatan yang sama, President Director Metro TV Don Bosco Selamun menyambut baik kedatangan Dubes Arab Saudi yang berkunjung ke kantor Media Group.

Ia mengatakan Indonesia mempunyai hubungan yang sangat baik dengan Arab Saudi.

"Khusus untuk Media Group, kita ingin menjalin beberapa kerja sama. Sekarang Arab Saudi merupakan negara yang semakin terbuka dan sangat menarik untuk dilihat perkembangannya. Bapak Duta Besar menjanjikan untuk bisa meliput dan beberapa kerja sama lainnya," jelasnya. (Nur/X-11)

Baca Juga

AFP/SABAH ARAR

ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Baghdad yang Tewaskan 32 Orang

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 10:45 WIB
Pelaku pertama menarik kerumunan di pasar ramai di Tayaran Square dengan mengaku merasa sakit lalu mengaktifkan bahan peledak, disusul oleh...
LLUIS GENE/AFP

Rekor Harian Covid-19 di Spanyol Tembus 44.357 Kasus Sehari

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 10:14 WIB
Kementerian Kesehatan Spanyol melaporkan bahwa korban meninggal akibat Covid-19 bertambah 404 orang sehingga total angka kematian...
MANDEL NGAN / AFP

Joe Biden Kembali Gandeng WHO Perangi Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 08:37 WIB
Pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden akan melanjutkan pendanaannya untuk Organisasi Kesehatan Dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya