Minggu 22 Desember 2019, 23:00 WIB

Kim Jong-un Bahas Penguatan Militer

AFP/Hym/X-11 | Internasional
Kim Jong-un Bahas Penguatan Militer

Handout / KCNA VIA KNS / AFP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, membahas penguatan kemampuan militer negaranya dengan para pejabat militer Korut.

 

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong-un, kemarin, membahas penguatan kemampuan militer negaranya dengan para pejabat militer Korut.

Langkah tersebut datang ketika batas akhir tahun yang diberikan Pyongyang bagi AS untuk menawarkan kon­s­esi terkait ekonomi kian mendekat.

Korea Utara menjanjikan ‘hadiah Natal’ yang tidak menye­nangkan awal bulan ini jika Washington tidak memberikan konsesi pada akhir Desember. Proses denuklirisasi Korut sendiri telah mengalami kebuntuan sejak gagalnya pertemuan puncak Korut-AS di Hanoi pada awal tahun.

Pyongyang dilaporkan telah melakukan serangkaian uji statis di fasilitas roket Sohae pada bulan ini. Sejumlah rudal juga diluncurkan dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa dari senjata itu digambarkan sebagai rudal balistik oleh Jepang dan lainnya. Padahal, Korea Utara dilarang melakukan tes semacam itu oleh PBB.

Beberapa ahli percaya bahwa Korea Utara mungkin bersiap untuk segera menguji pelun­cur­an rudal balistik antarbenua, yang berarti melanggar perjanjian antara Korut dan AS pada 2018.

Sementara itu, Presiden Ko­rea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Jepang Shin­zo Abe diperkirakan akan ber­­temu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, secara ter­pisah pada pekan ini.

Mereka kemudian akan me­­lakukan perjalanan ke Cheng­du, Tiongkok, untuk pertemuan tiga pihak dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang.

Meskipun mereka diperkirakan berkumpul membahas berbagai masalah ekonomi, Korea Utara tampaknya tetap akan mendominasi agenda perundingan.

“Menjaga stabilitas dan kedamaian Semenanjung Korea dan mendorong solusi politik untuk masalah Semenanjung Korea ialah demi kepentingan Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan sendiri,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Luo Zhaohui.

Beijing bersama dengan Ru­­sia sudah mengusulkan agar Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menca­but beberapa sanksi ekonomi terhadap Korut dalam apa yang disebutnya upaya untuk memecahkan kebuntuan pe­­rundingan nuklir. (AFP/Hym/X-11)

Baca Juga

AFP/Alberto Pizzoli

Paus Fransiskus Kecam Serangan di Norwegia, Afghanistan dan Inggris

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:04 WIB
Paus Fransiskus pada Minggu (17/10) mengecam serangan yang baru saja terjadi di Norwegia, Afghanistan dan...
AFP/Dean Kassim

Brunei Catat Angka Tertinggi Kasus Harian Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 20:43 WIB
Brunei mencatat angka tertinggi kasus harian covid-19, yakni 504 kasus, pada Minggu (17/10), sehingga totalnya menjadi 10.860...
AFP/Yuri Kadobnov

Rekor Baru Kasus Harian Covid-19 Rusia, Tembus 34.303

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 19:01 WIB
Rusia melaporkan rekor 34.303 kasus harian covid-19 sejak awal pandemi, menurut data Satgas covid-19 pemerintah pada Minggu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya