Jumat 22 November 2019, 01:00 WIB

Australia Galang Dana untuk Koala

Australia Galang Dana untuk Koala

AFP
Australia Galang Dana untuk Koala

 

AKSI penggalangan dana daring untuk koala yang terluka akibat kebakaran hutan dahsyat di Australia berhasil mengumpulkan A$1 juta (sekitar Rp9 miliar), menjadikannya sebagai kampanye tersukses pada platform GoFundMe di Australia tahun ini.

Kebakaran hutan yang mematikan itu telah menghancurkan sebagian besar wilayah di Australia timur. Penjaga satwa liar memperkirakan kebakaran tersebut juga telah menewaskan setidaknya ratusan koala di negara bagian New South Wales.

Halaman penggalangan dana itu dibuat oleh Port Macquarie Koala Hospital untuk menyediakan stasiun air minum otomatis bagi koala liar. Perolehan sumbangan melonjak kemarin hingga A$1 juta, berupa sumbangan oleh sekitar 20.000 orang dari berbagai negara.

Aksi amal bertajuk “Help Thirsty Koalas Devastated by Recent Fires” untuk satwa liar itu awalnya hanya menargetkan dana sekitar A$ 25.000. “Namun ternyata mendapat lebih banyak sumbangan daripada kampanye lain di Australia tahun ini,” kata pengelola GoFundMe.
Ini juga merupakan kesuksesan penggalangan dana terbesar kedua sejak platform GoFundMe diluncurkan di Australia pada 2016.

Aksi itu adalah salah satu dari 700 penggalangan dana di GoFundMe yang terkait kebakaran hutan dalam 10 hari terakhir, yang hingga saat ini telah me­ngumpulkan total dana A$2 juta.


Polusi asap

Sementara itu, polusi asap akibat kebakaran hutan telah menyelimuti kota-kota besar di Australia yakni Sydney dan Adelaide.

Di Sydney, penduduk setempat mendapati tingkat polusi asap lebih buruk dibandingkan pada Selasa (19/11).

Pejabat kesehatan mengeluarkan peringatan karena kualitas udara melampaui tingkat ‘berbahaya’ dan beberapa warga mengenakan masker selama beraktvitas.

Tingkat polusi udara terburuk di pusat kota Sydney dan pinggiran kota sebelah utara, dengan satu pencatatan polusi hampir 10 kali lebih tinggi dari standar nasional.

Kondisi kebakaran yang diklasifikasikan ‘parah’ atau lebih tinggi telah memengaruhi keenam negara bagian di Australia dalam sepekan terakhir. Beberapa negara bagian bahkan menghadapi tingkat bahaya ‘bencana’. Sejak bulan lalu, enam orang juga tewas akibat kebakaran hutan di New South Wales dan Queensland. (AFP/Hym/X-11)

Baca Juga

AFP/JUSTIN TALLIS

AstraZeneca Akui Vaksinnya Perlu Uji Coba Tambahan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 11:01 WIB
Studi tambahan akan dijalankan untuk mengevaluasi dosis yang lebih rendah yang menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada dosis penuh...
AFP/MARTIN BUREAU

Kasus Covid-19 di Prancis Turun Akibat Lockdown

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 10:54 WIB
Data Kementerian Kesehatan menunjukkan jumlah pasien dengan covid-19 yang dirawat di rumah sakit terus turun sebanyak 662 orang menjadi...
AFP/JESSICA TAYLOR / UK PARLIAMENT

Inggris Minta Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca Dievaluasi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 10:23 WIB
AstraZeneca memperkirakan 4 juta dosis akan tersedia di Inggris pada akhir bulan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya