Kamis 10 Oktober 2019, 07:30 WIB

Menjadi Ekonomi Digital Asia

mediaindonesia.com | Internasional
Menjadi Ekonomi Digital Asia

DOK TETO
Menjadi Ekonomi Digital Asia

 

HARI Nasional ROC (Taiwan) akan diperingati pada 10 Oktober lebih dikenal dengan ‘Sepuluh Kembar’. Taiwan muncul dengan didukung dengan peguatan dari prospek pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah dengan kebijakan-kebijakan jangka panjang untuk pembangunan industri di masa depan.

Taiwan pada hari ini telah menarik berbagai investasi baru ke dalam negeri dan menjadikan negara ini sebagai pusat Asia untuk kewirausahaan serta riset dan development (R&D). Dalam mendorong transformasi ekonomi ini Taiwan menerapkan kebijakan program industri inovatif 5+2.

Inisiatif komprehensif tersebut mendorong pertumbuhan tinggi dari sektor bio teknologi, energi hijau, pertahanan nasional, mesin pintar serta Internet of Things (IoT). Kebijakan tersebut juga mempromosikan dua konsep inti, yakni perputaran ekonomi dan paradigma baru dari pengembangan agrikultur.

Semangat dari inovasi dan kolaborasi internasional tersebut akan secara terbuka ditampilkan pada Taiwan Tech Arena. Didirikan pada akhir tahun lalu, dengan dukungan negara kepada pusat inkubasi pengembangan teknologi tersebut telah menarik banyak startup serta akselerator terkemuka dari dalam dan luar negeri, misalnya seperti dari Kanada, Inggris dan Amerika Serikat.

Perkembangan yang signifikan dalam pengembangan kerangka digital ekonomi didorong oleh meningkatnya investasi dari perusahaan perusahaan top global dalam bidang teknologi. Misalnya saja Amazon, Facebook, Google  memperluas kehadiran mereka di Taiwan.

Sektor manufaktur Taiwan yang telah menggeser dari produksi di luar negeri ke dalam negeri juga berkontribusi dengan menggelontorkan dana besar ke dalam negeri. Di bawah proyek insentif yang diluncurkan pada Januari, perusahaan-perusahaan banyak yang menjanjikan akan menggelontorkan miliaran dolar Amerika untuk merelokasi industri mereka kembali ke Taiwan.

Kebijakan proaktif Taiwan saat ini sedang merevitalisasi basis manu­faktur di dalam negeri dengan memperkuat perannya dalam R&D teknologi global.

Berdasarkan hal tersebut menjadikan Taiwan sebagai negara yang menuju berbasis teknologi dan inovasi yang berkembang memberikan alasan untuk perayaan besar pada Hari Sepuluh Kembar mendatang.(S1-25)

Baca Juga

AFP/RAMMB/CIRA.

20 Kru Kapal Hilang akibat Badai Topan di Laut Filipina

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 20 April 2021, 20:30 WIB
Sedikitnya dua orang tewas di Filipina tengah saat Topan Surigae melanda negara itu, memaksa hampir 160.000 orang mencari perlindungan...
AFP/Indranil Mukherjee.

Kremasi Mayat tanpa Henti, Data Kematian Covid-19 India Diragukan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 20 April 2021, 19:49 WIB
Kasus covid-19 harian India mundur dari level rekor pada Selasa tetapi tetap di atas angka 200.000 untuk hari keenam...
ANTARA

ASEAN akan Gelar KTT Bahas Myanmar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 20 April 2021, 16:09 WIB
Militer Myanmar telah menunjukkan sedikit kesediaan untuk terlibat dengan tetangganya dan tidak ada tanda-tanda ingin berbicara dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Beribadah dengan Disiplin

RAMADAN tahun ini masih sama seperti tahun lalu, yakni warga masih harus menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya