Kamis 10 Oktober 2019, 07:30 WIB

Taiwan Anggota Bangsa-Bangsa Dunia

mediaindonesia.com | Internasional
Taiwan Anggota Bangsa-Bangsa Dunia

DOK TETO
Taiwan Anggota Bangsa-Bangsa Dunia

 

PERAYAAN hari nasional ROC (Taiwan) pada 10 ­Oktober tahun ini  dengan suasana berbeda di Taiwan dibandingkan tahun-tahun lalu. Masyarakat menolak kampanye pemaksaan China untuk mengurangi pengakuan internasional atas status Taiwan sebagai negara yang merdeka, pembela dari kebebasan, demokratis, serta mengakui hak asasi manusia dan keteraturan berdasarkan hukum.

Keyakinan tersebut tumbuh sebagai negara yang mampu berdiri terdepan dan mampu diplomasi di ‘panggung’ global.
Presiden Tsai Ing-wen dalam kunjungannya ke berbagai negara mengibarkan bendera untuk memberi dampak besar untuk menyatakan bahwa Taiwan merupakan negara merdeka, demokrasi, berkelanjutan dan sebagai negara lautan demokrasi.

Perjalanan tersebut mendapat liputan dari berbagai media dan memberikan pesan yang jelas bahwa Taiwan dapat membantu mempromosikan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan melampaui batas negaranya. Pemerintah Taiwan juga menunjukkan bahwa Taiwan merupakan salah satu kekuatan untuk kebaikan dunia serta berkomitmen untuk merealisasikan Program Sustainable Development Goals dari PBB.

Semangat positif tersebut merupakan inti dari kesuksesan Taiwan dalam membina hubungan erat dengan mitra mitra kunci seperti Jepang, Amerika Serikat dan negara negara lainnya yang memiliki visi yang sama di seluruh Indo-Pasifik melalui serang­kaian inisiatif kerja sama.

Salah satu pilar utama dari pendekatan ini melibatkan sejumlah program bantuan yang diselenggarakan oleh Dana Kerjasama dan Pengembangan Internasional (TaiwanICDF) dengan sekutu diplomatik, serta seminar dan lokakarya yang diadakan di bawah Taiwan-A.S. Kerja sama Global dan Kerangka kerja Pelatihan dan sesuai dengan tujuan dari Kebijakan Baru ke Arah Selatan.

Dengan merayakan hari perayaan nasional ‘Sepuluh Kembar’, masyarakat Taiwan dapat berbangga diri akan fakta bahwa mereka tidak sendirian. Upaya-upaya untuk memperkuat hubungan dengan komunitas dunia menjadi keuntungan yang besar, untuk memastikan bahwa Taiwan tetap menjadi anggota keluarga bangsa-bangsa dunia yang tidak tergantikan. (S1-25)

Baca Juga

AFP

Tiongkok Bangun Pusat Karantina Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:55 WIB
Tiongkok berada dalam siaga tinggi untuk potensi gelombang kasus yang dipicu oleh liburan Tahun Baru Imlek...
AFP

Selandia Baru Prioritaskan Vaksin untuk Pekerja Berisiko

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:00 WIB
Kritikus mengecam pemerintah, dengan mengatakan Selandia Baru tertinggal di belakang negara-negara...
AFP/Ahmad Gharabli

WHO Prihatin Timpangnya Akses Vaksin Covid-19 di Israel-Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 20:52 WIB
Kelompok hak asasi mengatakan Israel memiliki tanggung jawab sebagai kekuatan pendudukan untuk memberikan vaksin kepada warga Palestina di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya