Jumat 10 Mei 2019, 14:30 WIB

45% Warga AS Ingin Trump Dimakzulkan

Sonya Michaella | Internasional
45% Warga AS Ingin Trump Dimakzulkan

AFP/Jim WATSON
Presiden AS Donald Trump

 

PERSENTASE warga Amerika Serikat (AS) yang menyetujui pemakzulan Presiden Donald Trump naik 5% menjadi 45% sejak pertengahan April 2019.

Jajak pendapat yang digelar Reuters/Ispos ini juga menunjukkan 42% warga AS menilai proses penyelidikan keterlibatan Rusia dalam Pemilu 2016 oleh Kongres AS sangat mengganggu jalannya pemerintahan dan tidak setuju Trump dimakzulkan. Sisanya abstain.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/5), jajak pendapat itu tidak menunjukkan apakah warga AS ingin Partai Demokrat terus melanjutkan atau menghentikan penyelidikan tersebut dan melakukan pemakzulan terhadap Trump.

Sebagai perbandingan, pada awal April, tercatat 40% warga Amerika ingin Trump segera dimakzulkan. Diperkirakan, jumlah tersebut terus menanjak seiring semakin dekatnya pemilihan presiden 2020 mendatang.

Baca juga: AS Kritik Pertemuan DK PBB Soal Israel

Setelah hampir dua tahun lamanya diselidiki Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam Pilpres 2016, Partai Demokrat kini sedang menyelidiki administrasi Trump, kepemimpinannya, keluarga serta bisnisnya.

Sebaliknya, Trump menolak membeberkan pajaknya, meminta hak istimewa eksekutif untuk ‘menyimpan’ rapat laporan yang dirilis Mueller dan mengajukan tuntutan hukum untuk para penyelidik.

Jajak pendapat yang dilakukan di seluruh AS secara daring dalam Bahasa Inggris ini juga menunjukkan popularitas Trump juga semakin merosot dengan 39% orang menyukainya dan 55% orang mengatakan tidak menyukai Presiden AS itu. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

Fabrice COFFRINI / AFP

Jerman Yakin Rusia akan Kalah

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:42 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan memenangkan perang di Ukraina, kata Kanselir Jerman Olaf...
KCNA VIA KNS / AFP

Tiongkok dan Rusia Gagalkan Sanksi AS untuk Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:33 WIB
Tiongkok dan Rusia menggunakan hak veto untuk menolak resolusi baru yang diinisiasi Amerika Serikat (AS) untuk menekan pengembangan senjata...
westend61.de

Aaree, Sungai Bening dengan Arus Kuat

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 10:40 WIB
Setiap musim panas sungai yang mengalir di tiga sisi kota Bern itu menjadi tujuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya