Selasa 05 Maret 2019, 02:30 WIB

AS-Tiongkok Bersiap Akhiri Perang Dagang

(CNN/Yan/I-2) | Internasional
AS-Tiongkok Bersiap Akhiri Perang Dagang

Nicolas ASFOURI / AFP

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping kemungkinan akan bertemu akhir bulan ini untuk mengakhiri perang dagang antara kedua negara.

The Wall Street Journal melaporkan pada Minggu (3/3) bahwa kedua pihak telah berada dalam tahap akhir negosiasi kesepakatan mengakhiri perang dagang. Kesepakatan itu akan membuat penurunan tarif Tiongkok atas berbagai barang AS jika pemerintahan Trump menghapus sanksi terhadap Beijing.

Menurut surat kabar itu, kedua pihak percaya pembicaraan telah berkembang cukup maju sehingga Trump dan Xi dapat mencapai kesepakatan formal dalam pertemuan yang diperkirakan pada 27 Maret 2019.

Laporan tersebut ditulis dengan mengacu pada komentar Trump pekan lalu yang mengatakan bahwa kedua pihak telah sangat dekat dengan sebuah kesepakatan. Trump menambahkan, dia berencana bertemu lagi dengan Xi di Resor Mara-Lago, Florida.

Kemajuan perundingan yang menuju sebuah kesepakatan merupakan berita baik bagi pemerintah Tiongkok, terutama saat para pemimpin puncak ‘Negeri Tirai Bambu’ itu berkumpul pekan ini di Beijing dalam acara politik berskala besar.

Minggu (3/2) ialah hari pertama Kongres Tahunan Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, yaitu sebuah badan yang bertugas memberi nasihat tentang undang-undang dan kebijakan. Anggota kongres tersebut diisi banyak pensiunan pejabat dan selebritas.

Selanjutnya, Kongres Rakyat Nasional itu akan memulai sesi tahunan mereka pada hari ini. Di sisi lain, berakhirnya perang dagang AS-Tiongkok, akan menjadi kemenangan besar bagi Presiden Xi dan pemerintahannya yang saat ini tengah berusaha melawan perlambatan ekonomi Tiongkok .

Seperti diketahui, kemerosotan ekonomi telah menghantam pasar saham negara tersebut. Perusahaan-perusahaan besar, seperti Apple dan Caterpillar (CAT) juga telah mengeluarkan peringatan. 

Meningkatnya perang dagang, yakni pemberlakuan tarif tinggi terhadap ekspor tiap-tiap negara, telah menambah tekanan pada ekonomi Tiongkok yang sudah kehilangan momentum. 

Namun, kemarin, indeks saham acuan Tiongkok, Shanghai Composite (SHCOMP), naik 3% setelah terbitnya laporan tentang pertemuan Trump dan Xi untuk mengakhiri perang dagang. (CNN/Yan/I-2)

Baca Juga

Brian W.J. Mahy / Centers for Disease Control and Prevention / AFP

Portugal Konfirmasi 10 kasus Baru Cacar Monyet, total 49 Kasus

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:25 WIB
Angka tersebut menambah total menjadi 49 kasus dan menyamai jumlah infeksi yang terkonfirmasi di negara tetangga,...
AFP/Atta Kenare.

Pembunuhan Kolonel IRGC, Pesan Israel terkait Suriah dan Perjanjian Nuklir?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:20 WIB
IRGC mengidentifikasi Khodai hanya sebagai pembela tempat yang disucikan. Ini dikaitkan dengan mereka yang pergi ke Suriah dan memerangi...
Dok World Tourism Forum Institute

Global Tourism Forum (GTF) Hadirkan 81 Pembicara Global

👤Iis Zatnika 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:17 WIB
Sebanyak 81 orang pembicara akan membawakan 35 topik pada Global Tourism Forum (GTF) Annual Meeting 2022 yang akan diselenggarakan di Bali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya