Kamis 21 Februari 2019, 19:30 WIB

Pasukan Suriah Bernegosiasi untuk Membebaskan Tahanan IS

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Pasukan Suriah Bernegosiasi untuk Membebaskan Tahanan IS

(Photo by Delil SOULEIMAN / AFP)

 

PASUKAN Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS) menggencarkan negosiasi untuk mengevakuasi warga sipil yang ditahan kelompok militan Negara Islam (IS). Koalisi internasional menyebut kelompok jihadis menghadapi kekalahan yang sulit terhindarkan.

Ratusan orang termasuk perempuan dan anak-anak diangkut dengan truk dari wilayah terakhir IS pada Rabu waktu setempat. Akan tetapi, Pasukan Demokrat Suriah (SDF) menyatakan sebagian besar warga sipil masih berada di dalam tahanan.

Baca juga: AS-Tiongkok Diyakini Capai Konsensus Perdagangan

SDF yang dipimpin kelompok Kurdi, dan mendapat dukungan pesawat tempur koalisi pimpinan AS, telah menjebak pejuang IS dalam jarak kurang dari setengah kilometer persegi di Desa Baghouz.

"Pasukan koalisi, termasuk AS, terus mendukung SDF yang mengupayakan negosiasi untuk membebaskan warga sipil tak berdosa," ujar juru bicara koalisi, Sean Ryan.

Sejauh ini, belum ada pernyatan langsung dari SDF, yang sebelumnya mengidentifikasi warga sipil yang ditahan ialah perempuan dan anak-anak pejuang IS. Ribuan orang, mayoritas perempuan dan anak-anak berkorelasi dengan IS, keluar dari Desa Baghouz dalam beberapa pekan terakhir.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM), pemerhati perang yang berbasis di Inggris, menyebut terdapat negosiasi yang menjadi penyerahan pejuang IS untuk terakhir kalinya. Kabarnya, sudah ada laporan kesepakatan meski rinciannya belum jelas.

Pada masa kepemimpinannya, IS menerapkan pandangan yang brutal terhadap hukum Islam di wilayah kekuasaannya. Namun, para jihadis kehilangan sebagian besar wilayah mereka. Ratusan orang asing yang dicurigai sebagai pejuang IS, berikut perempuan dan anak-anak yang berkaitan dengan kelompok militan tersebut, telah ditahan SDF.(AFP/OL-6)

Baca Juga

dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...
arabnews.com

Rusia Evakuasi 3.000 Rakyatnya di Krimea, Ukraina Bergembira

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:44 WIB
Kementerian Pertahanan Rusia menyalahkan penyabotase atas ledakan di gudang militer di Krimea utara. Atas kejadian yang Moskow mengevakuasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya