Senin 14 September 2015, 00:00 WIB

1908: Balai Pustaka Berdiri

MI | Humaniora
1908: Balai Pustaka Berdiri

WIKIPEDIA

 
PERUSAHAAN penerbitan Commissie voor de Volkslectuur (Komisi untuk Bacaan Rakyat) atau yang lebih dikenal dengan Balai Pustaka secara resmi didirikan pemerintah Belanda pada 14 September 1908.

Tujuan pendiriannya ialah mengembangkan bahasa-bahasa daerah utama di Hindia-Belanda, yaitu bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu, dan bahasa Madura.

Ada dugaan pendiriannya disengaja untuk mengantisipasi tingginya gejolak perjuangan bangsa Indonesia yang hanya bisa disalurkan lewat karya tulis.

Berbagai tulisan masyarakat anti-Belanda bermunculan di koran-koran daerah skala kecil sehingga perusahaan penerbitan itu didirikan dengan tujuan utama meredam dan mengalihkan gejolak perjuangan bangsa Indonesia lewat media tulisan dan menyalurkannya secara lebih manusiawi sehingga tidak bertentangan dengan kepentingan Belanda di Indonesia.

Salah satu novel dalam bahasa Melayu terbitan Balai Pustaka yang terkenal berjudul Siti Noerbaja karya Marah Roesli. Pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), Balai Pustaka tetap eksis, tapi menggunakan nama lain, yaitu Gunseikanbu Kokumin Tosyokyoku yang artinya kurang lebih Biro Pustaka Rakyat, pemerintah militer Jepang.(14 September/History/BBC/Dok. MI)

Baca Juga

Istimewa

Cegah Omikron Terus Meningkat, Kapolri Tekankan Disiplin Prokes Hingga Vaksinasi Booster

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 16:41 WIB
Akselerasi percepatan vaksinasi merupakan hal yang harus terus...
MI/ RAMDANI

5 Alasan Disiplin Protokol Kesehatan tetap Penting Walau Sudah Divaksinasi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 15:25 WIB
Adanya perubahan tentang penetapan masa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari 14 hari menjadi 10 hari merupakan bagian...
ANTARA /JESSICA HELENA WUYSANG

Kenaikan Kasus Harian Covid-19 Capai 1.400

👤HUMANIORA 🕔Rabu 19 Januari 2022, 15:20 WIB
Yang perlu diperhatikan adalah penularan pada orang tua, sehingga masyarakat diminta untuk bisa menjaga keluarganya, khususnya orang tua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya