Jumat 14 Oktober 2016, 04:30 WIB

Kidi Libatkan Mahasiswa DKV

Ind | Humaniora
Kidi Libatkan Mahasiswa DKV

MI/ BARY FATHAHILAH

 

MELALUI workshop Konten Informasi Digital (Kidi) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), generasi muda diajak untuk ikut memproduksi konten informasi berkaitan dengan program pemerintah, yakni melalui lomba pembuatan produksi konten informasi (infografis dan videografis).

Dengan adanya workshop yang diselenggarakan Kemenkominfo yang bekerja sama dengan Media Indonesia dan Metro TV itu diharapkan, sosialisasi mengenai program dan kebijakan pemerintah akan lebih cepat tersampaikan.

"Salah satu caranya ialah melibatkan masyarakat dalam proses komunikasi pemerintah, mengajak mereka untuk turut serta memproduksi sekaligus menyebarluaskan pesan tentang program dan kebijakan pemerintah," ujar Kepala Subdirektorat Pengeloloaan Informasi Perekonomian Direktorat Pengelolaan dan Penyediaan Informasi Ditjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Nursodik Gunarjo di sela-sela rangkaian workshop Kidi seri ketujuh yang bertempat di Kampus Paramadina, Jakarta, kemarin.

Nursodik mengatakan tahun ini workshop Kidi yang berjumlah sembilan seri akan melibatkan sembilan perguruan tinggi dari berbagai daerah.

Setiap serinya mengusung tema berbeda, yaitu isu maritim, energi, pangan, pariwisata, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, reformasi birokrasi, dan revolusi mental.

Peserta lomba merupakan mahasiswa dari jurusan desain komunikasi visual, dengan setiap tim beranggotakan 10 orang.

"Anak-anak yang kita libatkan berasal dari jurusan DKV. Mereka semua punya media sosial dan kebetulan berada di sebuah lingkungan tempat mereka bisa melakukan kreativitas dalam hal pembuatan infografis dan videografis," imbuh dia.

Dalam workshop Kidi, para mahasiswa diajari dan diberi materi mengenai pembuatan infografis dan videografis yang baik dan benar.

Workshop di Universitas Paramadina diisi tiga pembicara, yakni dosen Sekolah Tinggi Indonesia Roliv Saptamaji, Redaktur Artistik Media Indonesia Budi Setyo Widodo, dan News Graphic Producer Metro TV Dannie Faizal.

Budi menyampaikan, dalam membuat infografis, apabila datanya terlalu banyak, upayakan agar yang ditampilkan ialah informasi yang menjadi fokus.

Sementara itu, Dannie mengingatkan pentingnya mencantumkan sumber yang kredibel dalam infografis ataupun videografis.

"Pembaca akan mencari sumber lain kalau sumbernya tidak kredibel," tukasnya. (Ind/H-5)

Baca Juga

ANTARA

Peraturan Tentang Disabilitas di Indonesia Masih Minim

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND), Deka Kurniawan, mengatakan bahwa baru sekitar 20 persen daerah di Indonesia yang sudah...
Dok. Muamalat Institute

Muamalat Institute Gandeng Institusi Pendidikan Siapkan SDM Unggul Sambut Indonesia Emas 2045

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:23 WIB
Muamalat institute aktif berpartisipasi untuk melakukan kolaborasi, sosialisasi, literasi, dan edukasi kepada lembaga pendidikan baik di...
MI/BAYU ANGGORO

Lulusan Universitas Pasundan Bandung Didorong Mampu Beradaptasi dan Membantu Pemulihan Ekonomi

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:20 WIB
Lulusan pascapandemi memiliki tantangan tersendiri dan menuntut mereka cepat beradaptasi membantu pemulihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya