Sabtu 21 Februari 2015, 00:00 WIB

1965: Malcolm X Dibunuh

Administrator | Humaniora
1965: Malcolm X Dibunuh

wikipedia

 
MALCOLM X, pejuang muslim Amerika keturunan Afrika, dibunuh oleh kelompok Black Muslim ketika berpidato mengenai organisasi Afro-Amerika di Ballroom Audubon di Washington Heights, New York.

Malcolm lahir di Omaha, Nebraska, pada 1925. Ia lahir dari seorang pengkhotbah Baptis yang mengajarkan nasionalis Marcus Garvey. Pada 1946, di usia 21 tahun, Malcolm masuk penjara.

Di dalam penjara, ia bertemu dengan Elijah Muhammad, pemimpin Islam yang anggotanya terkenal dengan julukan Black Muslim. Ajaran-ajaran Elijah Muhammad memiliki efek yang kuat pada Malcolm. Malcolm kemudian masuk Islam dan menjadi aktivis di Nation of Islam (NOI).

Pada 1960-an, Karisma dan orasi Malcolm mulai berkembang dengan lebih banyak bicara tentang filosofi ketimbang Elijah Muhammad. Beberapa bulan kemudian, Malcolm keluar dari NOI dan menjadi seorang muslim, menunaikan haji ke Mekkah.

Setelah kembali ke Amerika sebagai El-Hajj Malik El Shabazz, pada Juni 1964, ia mendirikan Organisasi Persatuan Amerika-Afrika, yang menganjurkan identitas kulit hitam dan menyatakan bahwa rasisme ialah musuh terbesar Afrika-Amerika.

Pergerakan baru Malcolm memperoleh pengikut-pengikut dan filosofi Malcolm yang moderat meningkatkan pengaruh dalam gerakan sipil, khususnya di kalangan pemimpin Student Non-Violent Coordinating Committee.

Namun, perjuangan Malcolm berhenti di usianya ke 39 tahun karena ditembak tiga orang bersenjata ketika dia sedang berpidato di New York.

Baca Juga

MI/Koresponden

KLHK Tingkatkan Antisipasi Karhutla di Sejumlah Wilayah

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:54 WIB
BMKG mengungkapkan bahwa cuaca panas akan terjadi sepanjang Mei 2022. KLHK akan meningkatkan kewaspadaan munculnya kebakaran...
MI/ MOH IRFAN

Bali Bisa Jadi Percontohan Implementasi Pembanngunan Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:39 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Provinsi Bali bisa menjadi percontohan dalam aktualisasi sustainable developement dan...
Ist/Kemendes PDTT

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:16 WIB
Pengelolaan Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan Kesehatan milik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya