Selasa 21 Maret 2023, 00:40 WIB

Warga Negeri Wakal Maluku Sudah Mulai Berpuasa Ramadan

mediaindonesia.com | Humaniora
Warga Negeri Wakal Maluku Sudah Mulai Berpuasa Ramadan

ANTARA FOTO/Suwandy
Ilustrasi ibadah Tarawih.

 

WARGA Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku, hari ini sudah mulai melakukan ibadah puasa bulan Ramadhan 1444 Hijriah (21/3). Raja (Upu) Negeri Wakal, Ahaja Suneth mengatakan, penghulu masjid dan tokoh agama Negeri Wakal tidak asal dalam menentukan jatuhnya 1 Ramadan.

Penentuan itu berdasarkan hisab yang sudah dijalankan warga Wakal secara turun temurun, kata Suneth, Ambon, Senin. Suneth menjelaskan, perhitungan menggunakan kalender hijaiah tua yang ada di Wakal, dimulai tepat pada satu Muharam.

"Jadi perhitungannya berdasarkan bulannya, bukan kalender. Dan hitungan ini selalu tepat. Kami juga melihat bulan tidak memakai teropong, ini menggunakan ilmu yang diberikan secara turun temurun oleh orang tua kita terdahulu, kata Suneth.

Baca juga: Menaker Minta Para Pegawai Kemanaker Tetap Produktif Selama Ramadan

Warga Wakal juga telah menggelar salat tarawih di Masjid Nurul Awal Wakal. Salat tarawih di Negeri berjuluk Ama Lisawane itu diikuti puluhan jamaah. Salat yang dipimpin imam masjid Wakal, Kasim Tahaparry, itu dilakukan sebanyak 20 rakaat dan tiga rakaat salat witir.

"Jadi malam ini kami juga sudah menggelar sholat tarawih, karena sebentar malam kita sudah makan sahur dan Selasa besok kita mulai berpuasa 1 Ramadhan 1444 Hijriah," ujarnya.

Baca juga: Jadwal Puasa Ramadan 2023 dan Imsakiyah Muhammadiyah di Jakarta

Suneth juga berharap, pada Ramadan ini, dapat membawa berkah sesuai kehendak Allah SWT, dan konflik antar Negeri Wakal, dan Negeri yang lain dapat terselesaikan.

Semoga Allah dapat menjauhkan bencana dari kita, lalu kita hidup sebagai orang Islam, sebagai warga negara Indoensia bisa hidup lebih baik. Saya harap semuanya bisa damai. Tidak hanya damai di mulut, tapi yang bersifat hakiki, harap Suneth.

Baca Juga

Ist

MMS Group Indonesia Meraih Predikat 'Excellence' TOP CSR Awards 2023

👤Media Indonesia 🕔Kamis 08 Juni 2023, 23:26 WIB
MMS Group Indonesia meraih predikat Top Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan kepada Adri Martowardojo selaku perwakilan...
Antara

Ini Langkah Wapres Atasi Banyaknya Pekerja Migran Ilegal yang Meninggal

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Kamis 08 Juni 2023, 23:21 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memastikan pemerintah telah memberikan perhatian serius terhadap banyaknya pekerja migran...
DOK UNTAR

Untar Masuk Pemeringkatan The Times Higher Education

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 08 Juni 2023, 22:35 WIB
Untar memperoleh peringkat pada tiga kategori pemeringkatan The Times Higher Education (THE) Impact...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya