Rabu 04 Januari 2023, 18:41 WIB

Cegah Penculikan, Jangan Terlalu Ekspose Anak di Media Sosial

Rahmatul Fajri | Humaniora
Cegah Penculikan, Jangan Terlalu Ekspose Anak di Media Sosial

Medcom.
Ilustrasi.

 

PARA orangtua diminta tidak terlalu mengekspose anaknya di media sosial. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penculikan terhadap anak.

Ia meminta orangtua yang khususnya memiliki anak bawah lima tahun atau balita untuk tidak mengekspose nama lengkap, nama panggilan, dan keseharian anak di media sosial. "Sebaiknya memang identitas tidak perlu dibuka sepenuhnya. Contoh, boleh nama panggilan umum, tetapi kalau ada nama panggilan khusus di rumah atau nama lengkap tidak perlu diceritakan," kata Psikolog anak Anna Surti Ariani ketika dihubungi, Rabu (4/1).

Anna mengatakan orangtua harus sadar yang diceritakan atau diunggah ke media sosial akan menjadi informasi untuk orang lain. Ia mengatakan orang lain akan paham mengenai nama panggilan, aktivitas, hingga makanan kesukaan anak.

Hal itu dikhawatirkan menjadi kesempatan bagi orang yang berniat jahat seperti melakukan penculikan dengan memanggil nama panggilan anak. "Anak biasanya lebih tertarik kepada orang yang memanggil namanya," katanya.

Sedangkan untuk anak di atas lima tahun, perlu diajarkan mengamankan diri agar terhindar dari kejahatan. Anak perlu diajarkan untuk selalu bisa melihat orangtuanya.

Anak juga diajarkan untuk menjauh dari orang yang tidak dikenal dengan cara meminta izin atau berpamitan. "Diajari cara menolak yang sopan tetapi tegas," katanya. (OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Srikandi Ganjar ikut Tekan Angka Perempuan Putus Sekolah di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:09 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat pada tahun ajaran 2020/2021 ada ribuan anak putus...
dok.Isr

Pada 2022, Aircraft Cleaning PT GDPS Temukan Barang Penumpang Capai Rp300 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:55 WIB
SIKAP menjunjung tinggi nilai integritas Aircraft Cleaning PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) menunjukkan hasil yang baik di tahun...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, KLHK Tanam 30 Ribu Mangrove

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:37 WIB
Tidak hanya menanam mangrove, KLHK bersama mitra menyemai bibit kerang sebanyak 20 ribu bibit yang kondisinya sehat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya