Jumat 30 Desember 2022, 13:04 WIB

Pabrik Aqua Taat Kelola Lingkungan

RO/Micom | Humaniora
Pabrik Aqua Taat Kelola Lingkungan

.
.

 

WAKIL Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin menyerahkan Anugerah Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) kategori emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada PT Tirta Investama – Pabrik Mambal (Aqua Mambal).

Anugerah ini diterima langsung oleh Vice President Operation Danone Indonesia Rizki Raksanugraha di Istana Wakil Presiden RI, Gedung II, Jl. Kebon Sirih no 14, Jakarta Pusat, pada Kamis (29/12).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyebut Pabrik Aqua Mambal telah 5 kali mendapat anugrah Proper Emas.

Menurutnya, pemerintah mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui Proper.

Kinerja Perusahaan diukur melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan terkait lingkungan.  Peringkat kinerja Proper dibedakan menjadi lima warna yaitu, emas, hijau, biru, merah, dan hitam. Warna biru adalah kategori ketaatan minimal. Adapun merah dan hitam menandakan ada kriteria yang belum terpenuhi bahkan sampai pelanggaran.  

Sedangkan hijau dan emas adalah kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance).

Selain kategori emas, 9 pabrik Aqua lainnya juga menerima anugerah Proper hijau, yaitu pabrik Aqua di Ciherang, Citeureup, Cianjur, Subang, Babakanpari, Klaten, Wonosobo, Pandaan, dan Tanggamus.

Wapres mengatakan penerima Proper dari tahun ke tahun selalu ada perkembangan yang baru. Jumlah peraih emas dan hijau semakin meningkat.

“Saya harap dunia usaha bisa menjaga prestasi yang ada dan bisa menjadi agen perubahan dalam upaya pemberdayaan masyarakat bisa mendorong usaha dan masyarakat menjadi lebih berdaya,” kata Wapres.

Vice President Operation Danone Indonesia Rizki Raksanugraha mengatakan Danone memiliki Visi One Planet One Health. "Maknanya, kami meyakini kesehatan planet. Kami memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat. Program-program keberlanjutan yang kami kembangkan mengacu pada hal tersebut," katanya.

“Visi kami tercermin pada proses penilaian Proper yang mengukur operasional produksi. Efisiensi energi harus sejalan dengan konservasi sumber daya yang ada. Dan penerapan bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, khususnya pengembangan masyarakat,” jelas Rizki.

Di Bali, Aqua Mambal memperkuat kembali sistem Subak sebagai kearifan lokal dengan penerapan pertanian regeneratif yang ramah lingkungan.

Saat ini, pertanian sehat dipraktekkan oleh 135 petani di lahan seluas 34,18 ha mengikuti SOP pertanian sehat. Pendekatan tersebut telah berhasil menghemat air 54% dan menurunkan pemakaian pupuk kimiawi 65%.

Pengurus Subak memiliki perarem (peraturan adat) berkaitan penerapan pertanian sehat di kawasan Subak Mambal. Kelompok tani dan Subak Mambal bersama pemerintahan desa sedang menyusun PerDes Penerapan Pertanian sehat lebih luas.

Dilanjutkan dengan kolaborasi petani dengan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Samtaku Jimbaran untuk memanfaatkan Kompos untuk pertanian. Tercatat pembuatan pupuk organik telah menghasilkan 30 ton dan telah diserap untuk pertanian. (J-1)

 

Baca Juga

Dok.Pri

KLHK Mulai Rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional

👤Naufal Zuhdi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:59 WIB
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati bahwa apabila berbicara HPSN diingatkan dengan tragedi Tempat...
DOK.MI

Media Indonesia Raih Penghargaan sebagai Media Massa yang Konsern Isu Perempuan dan Anak

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:05 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga juga memberikan apresiasi kepada Media Indonesia sebagai salah satu...
MI/Mesakh Ananta Dachi

Transformasi Digital Sekolah, Cita Cita Pendidikan Indonesia

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:00 WIB
“Transformasi digital sekolah merupakan integrasi teknologi dalam persekolahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, efisiensi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya