Selasa 06 Desember 2022, 12:15 WIB

Arti Gong Xi Fa Cai dan Asal Usulnya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Arti Gong Xi Fa Cai dan Asal Usulnya

ANTARA/Budi Candra Setya
Kelompok seni Naga Liong menghibur pengunjung pada Festival Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi, Jawa Timur.

 

UNGKAPAN Gong Xi Fa Cai sering kita temukan di tengah perayaan tahun baru Imlek. Meskipun dapat dirayakan oleh setiap orang, acara ini pada umumnya dirayakan oleh kelompok etnik Tionghoa. 

Namun, karena sering diucapkan pada saat hari tahun baru, banyak yang menganggap ungkapan ini sebagai ucapan hari tahun baru. Namun, berikut adalah makna sesungguhnya dari Gong Xi Fa Cai.

Tulisan dan arti Gong Xi Fa Cai

Gong Xi Fa Cai (恭喜发财) adalah ungkapan yang paling umum dalam acara tahun baru Imlek. Namun, Gong Xi Fa Cai sebenarnya bukanlah ungkapan dari selamat tahun baru. 

Baca juga: Mooncake Premium Sehat dan Rendah Gula ala Xiang Fu Ha di Vasa Hotel Surabaya

Gong Xi Fa Cai memiliki makna selamat mendapatkan kekayaan dan keberkahan. Kendati tidak berhubungan dengan tahun baru Imlek, ungkapan ini memiliki makna untuk menunjukkan doa demi keberkahan atau kekayaan untuk tahun yang akan datang.

Untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek, anda dapat menyebutkan Xin Nian Kuai Le (新年快樂) yang artinya selamat tahun baru.

Asal usul ungkapan Gong Xi Fa Cai

Melansir dari berbagai sumber, ungkapan Gong Xi Fa Cai awalnya berasal dari legenda yang menceritakan tentang penduduk Tionghoa yang berhasil mengatasi binatang buas yang disebut sebagai “nian”.

Namun, ungkapan ini juga disebutkan kepada masyarakat Tionghoa yang berhasil melewati sebuah rintangan, misalnya pada masyarakat yang berhasil melewati musim dingin, bencana kelaparan dan kematian. 

Maka, karena berhasil melewati rintangan tersebut, masyarakat Tionghoa mengungkapkan kepada satu dengan yang lain ungkapan Gong Xi Fa Cai. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Presiden Apresiasi Budaya Gotong Royong Masyarakat Hadapi Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:46 WIB
Ia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit dan bekerja keras mengejar segala ketertinggalan yang terjadi akibat...
DOK PCNU Depok

Apel Akbar 11 Ribu Kader NU Depok Ajak Wujudkan Perdamaian Dan Toleransi

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:25 WIB
DALAM rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-100 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Depok, Jawa Barat menggelar apel...
HO

Mahasiswa LSPR Pentaskan 'Servant of Evil'

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:03 WIB
SEBUAH karya seni, termasuk seni teater, merupakan media untuk menyampaikan suatu pesan. Pertunjukan teater bisa menjadi media untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya