Kamis 01 Desember 2022, 17:23 WIB

Calon Mahasiswa Program Diploma 3 Vokasi Bisa Ikut SNPMB 2023

Faustinus Nua | Humaniora
Calon Mahasiswa Program Diploma 3 Vokasi Bisa Ikut SNPMB 2023

MI/Palce Amalo
Ilustrasi

 

Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 sudah dimulai hari ini, Kamis (1/12) untuk tahap sosialisasi. Tidak hanya mengganti kelembagaan, seleksi nasional di tahun depan juga membuka kesempatan bagi calon mahasiswa Program Diploma 3 Vokasi.

"Dari nama ada perubahan SNPMB, yang berbeda peserta tahun lalu itu hanya Sarjana dan Sarjana Terapan. Tahun ini ditambah Program Diploma 3 Pendidikan Vokasi," ujar Ketua Tim SNPMB Mochamad Ashari dalam konferensi pers, Kamis (1/12).

Dengan memasukkan Program Diploma 3 dalam seleksi nasional, kini SNPMB dibawah tanggung jawab dua Direktorat Jenderal, yakni Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dikti-Ristek) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi). Sehingga pilihan prodi bagi calon mahasiswa pun semakin banyak.

"Adek-adek yang di SMK/ MA/ SMA yang memiliki keinginan masuk politeknik atau vokasi, Anda bisa juga mengikuti SNPMB," imbuhnya.

Selain menerima Program Diploma 3, SNPMB 2023 juga sudah tidak memberlakukan seleksi berdasarkan jurusan atau peminatan di sekolah menengah. Artinya, calon mahasiswa baik dari jurusan IPA maupun IPS bebas memilih prodi yang diminati.

Lebih lanjut, Ashari menerangkan bahwa kehadiran Tim SNPMB merupakan bentuk peningkatan kualitas proses seleksi dan keterpaduan dengan tingkat pendidikan di bawah Kemendikbud-Ristek. Tidak ada banyak perubahan dalam sistem seleksi.

Kuota penerimaan di setiap jalur seleksi pun masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni SNBP minimal 20%, SNBT minimal 40% dan Seleksi Mandiri maksimal 30%. Untuk PTN-BH, SNBT minimal 30% dan Seleksi Mandiri maksimal 50%. (OL-12)

 

Baca Juga

Antara

Presiden Apresiasi Budaya Gotong Royong Masyarakat Hadapi Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:46 WIB
Ia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit dan bekerja keras mengejar segala ketertinggalan yang terjadi akibat...
DOK PCNU Depok

Apel Akbar 11 Ribu Kader NU Depok Ajak Wujudkan Perdamaian Dan Toleransi

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:25 WIB
DALAM rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-100 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Depok, Jawa Barat menggelar apel...
HO

Mahasiswa LSPR Pentaskan 'Servant of Evil'

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:03 WIB
SEBUAH karya seni, termasuk seni teater, merupakan media untuk menyampaikan suatu pesan. Pertunjukan teater bisa menjadi media untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya