Rabu 23 November 2022, 21:54 WIB

Minum Jus Wortel dan Pakai Kacamata Turunkan Minus Mata?

Mediaindonesia.com | Humaniora
Minum Jus Wortel dan Pakai Kacamata Turunkan Minus Mata?

Antara/Aloysius Jarot Nugroho.
Siswa SD Negeri Kumpulrejo 2 mengikuti pemeriksaan mata saat pelaksanaan Gerakan Sejuta Kacamata untuk Indonesia di Salatiga, Jawa Tengah.

 

ADA anggapan orang-orang yang mengatakan konsumsi rutin jus wortel dapat menurunkan bahkan menghilangkan minus pada mata anak. Memang ada penelitian menyatakan ada pengurangan minus tetapi ini tidak signifikan.

"Kalau diminumkan jus wortel setiap hari, mata minus anak hilang? Enggak. Kalau sudah terbentuk panjang bola matanya sekian, cenderung lebih ke bertambah bukan berkurang," kata dokter spesialis mata dr. Zoraya A Feranthy, SpM dalam suatu acara di Jakarta, Rabu (23/11).

Menurut Zoraya yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) mengatakan orangtua yang memiliki anak dengan riwayat kondisi miopi atau juga dikenal sebagai rabun jauh sebaiknya melakukan terapi kontrol. Mereka juga disarankan membiasakan anak untuk lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Berdasarkan studi, hal ini dapat memperlambat perkembangan miopi.

Miopi atau mata minus merupakan salah satu gangguan mata yang sering terjadi dan menyebabkan seseorang kesulitan melihat benda jarak jauh secara jelas. Anak dengan kondisi ini sering kali menyipitkan matanya apabila melihat objek jarak jauh. Selain faktor genetik, faktor lingkungan juga menjadi penyebab yang mendominasi terjadi mata minus termasuk pada anak, seperti membaca terlalu dekat, melihat layar gawai terlalu lama, dan kurang beraktivitas di luar ruangan.

Menurut Zoraya, saat ini ada beragam terapi miopi seperti lensa yang dapat menghambat laju minus, obat tetes, kacamata, dan lensa kontak khusus. "Harapannya dengan intervensi, kita bisa menahan laju. Misalnya kecepatannya 1 mm per tahun kita bisa tahan dengan terapi sekitar 50%-60%. Itu saja sudah bagus," kata dia. 

Lalu, apakah mengenakan kacamata dapat menurunkan atau menghilangkan minus? Zoraya membantahnya. Dia mengatakan ada kondisi yang sebelumnya di kacamatanya ada plusnya, kemudian seiring usia, akhirnya tidak butuh kacamata. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Dok. Universitas Prasetiya Mulya

Program Wirausaha Merdeka di Universitas Prasetiya Mulya Lahirkan 330 Calon Pengusaha Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 16:27 WIB
Program Wirausaha Merdeka di kampusnya yang diberi nama Inkubasi Calon Wirausaha Inovatif Berorientasi Teknologi...
MI/ Amir MR

AMAN: RUU KSDHAE Belum Mengakomodir Hak Masyarakat Adat

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:05 WIB
RUU KSDHAE berpotensi menghilangkan asal-usul masyarakat adat dalam mengelola, melindungi dan mengimplementasikan hukum adat di wilayah...
Antara

Imigrasi Pastikan KUHP Baru tidak Pengaruhi Kedatangan WNA

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:58 WIB
Pernyataan Ditjen Imigrasi Kemenkumham mengutip data kedatangan WNA melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Laut, Udara dan Darat periode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya