Sabtu 19 November 2022, 20:42 WIB

Romo Benny: Kesuksesan G-20 Momentum Perkuat Narasi Kebangsaan

mediaindonesia.com | Humaniora
Romo Benny: Kesuksesan G-20 Momentum Perkuat Narasi Kebangsaan

Ist
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny.

 

PELAKSANAAN Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang juga bertepatan dengan Hari Toleransi Dunia berlangsung aman dan damai tak lepas dari semangat harmonisasi kehidupan. Citra Indonesia di mata dunia semakin melesat sebagai sebuah negara yang patut diperhitungkan.

Karena itu, citra Indonesia yang semakin baik ini jangan sampai tercoreng hanya karena tindakan tak senang yang berlandaskan paham tertentu atau tindakan yang sama sekali tidak mencerminkan Indonesia yang berharga ini.

Hal serupa juga dikatakan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo. Dia menilai, gelaran G-20 yang berlangsung aman dan kondusif secara tidak langsung membuktikan bahwa Indonesia mampu berdiri sejajar dengan negara maju lainnya. Khususnya dalam hal keseriusan dan komitmen seluruh lapisan guna menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi para pemimpin dunia.

 "Sebenarnya, substansi dari KTT G-20 itu membuktikan bahwa bangsa Indonesia ini mampu sejajar dengan negara maju lainnya. Rasa aman, tidak ada gangguan, politiknya stabil, itu yang membuat internasional menghargai dan percaya dengan kapabilitas Indonesia," ujar Romo Benny, sapaannya, di Jakarta, Sabtu (19/11).

Hal ini, lanjut dia, tidak terlepas dari dukungan dan kesadaran masyarakat yang semakin hari kini sudah mengalami peningkatan dari segi kualitas literasi digital. Benny menyebut, masyarakat kini sudah memahami bahwa konflik suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) kini tidak hanya merugikan bagi kepentingan nasional, tapi juga internasional.


Baca juga: Menko PMK Minta Muhammadiyah Ambil Peran dalam Perekonomian Indonesia


"Masyarakat kita itu memang sebenarnya memiliki kesadaran, kesadaran bahwa stabilitas politik itu sangat penting. Sehingga sekarang, masyarakat semakin cerdas, tidak mudah terprovokasi, bisa memilah-milah, dan cenderung lebih tidak cuek dan tidak mudah terbawa arus. Masyarakat kita mulai pintar," ujarnya.

Pria yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Dan Teologi Widya Sasana, Malang, ini menuturkan bahwa gelaran G-20 yang juga bertepatan dengan Hari Toleransi Dunia, dimaknai sebagai momen untuk saling menghargai dan menghormati sebagaimana nilai persaudaraan sejati telah tertanam menjadi kultur bangsa Indonesia.

"Jadi, Hari Toleransi yang bertepatan dengan G-20 itu sebenarnya mau mengatakan bahwa toleransi itu sudah punya akar sejarah di Indonesia, dan di bangsa ini, toleransi bukan hanya bermakna menghargai, namun sudah sampai pada persaudaraan sejati," imbuhnya.

Sehingga dia pun yakin bahwa Hari Toleransi justru menjadi titik balik guna meneguhkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini juga yang semakin menekankan bahwa tanah lahir masyarakat Indonesia ini sejak awal memang berbeda-beda.

"Hari Toleransi justru meneguhkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Bangsa kita mampu hidup bersama dengan rukun ditengah perbedaan. Karena tanah lahir kita ini sejak awal ya plural, majemuk, tidak sekuler," ujarnya.

Tidak hanya dalam gelaran G-20, Romo Benny berharap kondisi masyarakat yang kompak dalam menciptakan rasa aman dan nyaman ini, bisa dipertahankan dan dipelihara. Menurutnya, guna terus mewujudkan hal tersebut, sangat mutlak membutuhkan dan melibatkan seluruh pihak.

"Harus terus dirawat, dengan cara membuat narasi kebangsaan itu terus menerus, seperti G-20 kemarin itu kan melibatkan semua pihak, bahwa pentingnya menjaga ketertiban, kedamaian. Di sinilah penguatan narasi kebangsaan menjadi kuncinya," jelasnya.

Oleh karenanya, percepatan penyebaran narasi kebangsaan pada ruang digital dan ruang publik menjadi kunci guna menciptakan atmosfer bagi tercipatanya kesejahteraan bangsa yang juga dipercaya mampu memperkecil ruang gerak paham tertentu. (RO/OL-16)

Baca Juga

DOK/SMKN 2 GARUT

Paskibra SMKN 2 Garut Gulirkan Inovasi Pasheman'90

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:40 WIB
Pertunjukan Pasheman'90 yang atraktif, mampu menghapus stigma kaku  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka...
DOK/SMKN 1 GARUT

Inovasi Sabun Cuci Tangan SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Warga

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:25 WIB
Pembuatan sabun cuci piring dihasilkan oleh siswa-siswi SMKN 1 dari Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas...
Dok NasDem

NasDem Setiap Hari Pasok Ratusan Tempe Azaki ke Dapur Umum Korban Gempa Cianjur

👤Media Indonesia 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
PASOKAN kebutuhan buat masyarakat terdampak gempa Cianjur terus dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya