Minggu 06 November 2022, 15:03 WIB

Muktamar ke-48 Aisyiyah Monumental Abad Kedua Berkontribusi Bagi Indonesia

Wodjajadi | Humaniora
Muktamar ke-48 Aisyiyah Monumental Abad Kedua Berkontribusi Bagi Indonesia

Dok: Muktamar ke 48
Ketua Umum PP Aisyiyah, Dr. Siti Noordjannah Djohantini saat memberikan sambutan di Sidang Pleno I Muktamar Aisyiyah di Auditoeium Djazman U

 

KETUA Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Dr. Siti Noordjannah Djohantini menilai muktamar ke-48 Aisyiyah yang sempat tertunda pelaksanaannya selama dua tahun akibat situasi pandemi covid 19, merupakan muktamar sangat monumental.

Ada empat alasan yang melatarbelakangi Muktamar Aisyiyah yang diikuti 1.978 peserta yang berasal dari 208 lokasi di 34 provinsi, termasuk Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah dari 8 negara ini, pertama adalah diselenggarakan dalam perkembangan teknologi yang sudah sangat maju.

Kedua, dalam situasi pandemi, Muktamar Aisyiyah harus diselenggarakan secara hibrida, yakni sebagian sidang dilakukan daring dan luring. Namun khusus gelaran 19-20 November 2022, Muktamar akan berlangsung secara luring.

Noordjannah menegaskan Muhammadiyah dan Aisyiyah merupakan organisasi yang adaptif dengan perkembangan teknologi.

"Muktamar kali ini menjadi model pertama yang bisa diikuti dan diteladani serta dapat dilanjutkan oleh pimpinan Aisyiyah di berbagai tingkatan," ujar Siti Noordjannah Djohantini, pada Sidang Pleno I Aisyiyah di Auditorium Djazman, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Minggu ( /11).

Noordjannah menegaskan, Muhammadiyah-Aisyiyah menaruh perhatian mendalam pada pandemi Covid-19 dan berikhtiar menjadi organisasi terdepan untuk mengatasi dan mengakhiri pandemi Covid.

Yang jelas, lanjut dia, mundurnya muktamar hingga dua tahun, adalah bagian dari cara persyarikatan menghadirkan muktamar dengan seksama, yang bisa dijadikan teladan, dan bersabar untuk kepentingan yang lebih luas lagi.

Alasan ketiga, Muktamar Aisyiyah kali ini merupakan muktamar periode kedua babak abad kedua Gerakan Aisyiyah. "Muktamar kali ini menjadi momen penting bagi pergerakan Aisyiyah yang sudah hadir selama lebih dari 100 tahun, untuk berikhtiar secara sungguh-sungguh berkontribusi dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, keumatan, dan kemanusiaan universal," tegas Noordjanah.

Dia paparkan, periode abad kedua ini harus diisi dengan cita-cita besar Aisyiyah dalam pandangan Islam berkemajuan dengan semangat tinggi dan keikhlasan mendalam, untuk menjalankan jihad fi sabililah," ungkap Noordjannah.

Keempat, bahwa pembahasan materi muktamar, menjadi momentum penting. Yakni walaupun dekat secara virtual, dan jauh secara fisik, tetapi hati dan pikiran menyatu dalam sebuah gerakan perempuan muslim terbesar, untuk berkontribusi menyelesaikan persoalan kehidupan kebangsaan, keumatan, dan kemanusiaan universal secara inklusif, yang tidak membedakan ras, golongan, dan agama.

Secara lengkap, Sidang Pleno I membahas materi muktamar yang meliputi Laporan Pimpinan Pusat Aisyiyah Periode 2015-2022, Program Aisyiyah Periode 2022-2027, lalu Risalah Perempuan Berkemajuan, dan Isu-isu Strategis dalam konteks Keumatan, Kebangsaan, dan dan Kemanusiaan Universal.

Ketua Penerima Muktamar ke-48, Prof.Dr Sofyan Anif berharap, Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah berjalan suksea dan lancar. " Kemarin sidang pleno Muhammadiyah sudah berjalan lancar, semoga Sidang Pleno I Muktamar Aisyiyah hari ini juga tidak kalah lancarnya," harap pria sepuh yang menjabat Rektor UMS ini.

Dia katakan, kelancaran sidang pleno Muhammadiyah - Aisyiyah akan menjadi energi baru bagi panitia untuk mensukseskan muktamar. (OL-13)

Baca Juga: Risalah Islam Berkemajuan dari Muhammadiyah untuk Indonesia


 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Medcom

Ternyata Pelaku Perundungan di Sekolah bukan Hanya Siswa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:45 WIB
"Ada oknum guru berdalih mendisiplinkan anak-anak yang menggunakan cara-cara kekerasan termasuk melakukan...
Medicaldaily

Rokok Bisa Hambat Tumbuh Kembang Janin

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:15 WIB
Semakin banyak asap rokok yang dihisap atau terisap ibu hamil selama masa kehamilan juga bisa membuat berat badan bayi saat lahir menjadi...
MI/Mesakh Ananta Dachi

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Perlindungan Korban Bom Astanaanyar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:20 WIB
Jaminan akan diberikan pascalaporan resmi dari kepolisian mengenai nama-nama korban, beserta keikutsertaan mereka dalam program BPJS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya