Senin 03 Oktober 2022, 14:33 WIB

Dukung Seni Perkotaan, Pylox Dukung Indonesia Comic Con

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dukung Seni Perkotaan, Pylox Dukung Indonesia Comic Con

DOK Pribadi.
Indonesia Comic Con kembali hadir pada 1 dan 2 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center.

 

PESATNYA perkembangan informasi dan komunikasi membuat ranah subkultur menjadi cepat meluas. Salah satu ranah tersebut ialah pop art atau urban art (seni perkotaan). Di dalamnya terdapat street art, ilustrasi, komik, fesyen, musik, video games, hingga mainan. Generasi muda saat ini kemudian mencoba mengekspresikan dirinya dalam bentuk-bentuk seni tersebut. Tak sedikit pula yang kemudian rela membeli, koleksi, hingga ber-cosplay berdasarkan karakter favorit mereka.

Di tahun ini, Indonesia Comic Con kembali hadir pada 1 dan 2 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center dengan tema Pop Culture #Unleash The True You. Gardu House sebagai komunitas street art dan grafiti turut hadir meramaikan salah satu festival yang bertujuan membuka ruang kreasi bagi pencinta komik dan mainan serta ajang merayakan kecintaan di ranah pop culture ini.

"Pop art atau urban art menjadi salah satu budaya yang berpengaruh dalam memindahkan karya seni ke media seperti mainan, sepatu, tembok, dan bidang-bidang lain. Pada akhirnya ini juga menginspirasi teman-teman Gardu House dalam membuat berbagai karya. Tidak hanya komunitas street art dan grafiti, tren pop culture ternyata juga sudah dimanfaatkan teman-teman customized action figure untuk memodifikasi hingga melakukan repaint," ujar Wormo, pelaku street art dan grafiti yang tumbuh bersama Gardu House dalam Talkshow Colours For Your Creativity bersama Nippon Paint.

Wormo menambahkan bahwa dalam karya mural, warna menjadi unsur paling penting dan mendominasi terciptanya karya desain karena memang fungsi utamanya mempertegas dan memperkuat tujuan desain maupun seni itu sendiri. Mural saat ini juga dapat menjadi media penyampaian pesan terutama untuk menumbuhkan budaya literasi pada masyarakat dalam rangka pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu, mural dapat menjadi salah satu seni membumi karena para seniman menggunakan ruang publik yang tidak dimaknai sebagai 'kamar' yang eksklusif. Ini memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk memberikan respons tanpa sungkan dari yang mereka rasakan saat melihat karya-karya yang dihasilkan oleh para seniman.

Sadar terhadap kebutuhan cat dan pelapis di industri ini, sejak 1969 Nippon Paint menghhadirkan Pylox. Ini cat semprot legendaris yang terbuat dari bahan modifikasi akrilik dengan ratusan pilihan warna untuk berbagai macam hasil akhir. "Nippon Paint melalui produk Pylox tentunya sangat senang dapat hadir dukung para seniman mural dan grafiti untuk eksplorasi ide kreatif tanpa batas melalui berbagai karya, karena ini dapat menjadi langkah awal mengenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda tentang literasi dengan cara yang lebih menyenangkan," ujar Sepriyadi, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia, dalam keterangan tertulis, Senin (3/10). 

Sepriyadi menambahkan, selain cepat kering, Pylox juga dilengkapi dengan precision nozzle technology yang membuat produk ini mudah diaplikasikan, tidak macet, dan mampu menghasilkan semprotan yang lebih halus dan akurat di atas berbagai macam substrat seperti besi, kayu, plester, dan dinding. Pylox juga sudah bekerja sama dengan seniman mural di beberapa negara seperti Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, hingga Vietnam. 

Tidak hanya mural enthusiast, Pylox juga sudah tidak asing di kalangan cosplayer hingga penggemar otomotif. Hal ini tentu menjadi motivasi bagi Nippon Paint untuk terus melahirkan berbagai inovasi yang memberikan pengalaman menarik dan menyenangkan, khususnya para pecinta seni untuk berkarya dan memajukan budaya seni bangsa Indonesia. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Kemendikbudristek: Pengusulan Kebaya ke UNESCO Dilakukan Komunitas

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 27 November 2022, 21:46 WIB
Menurut Kemendikbud-Ristek, warisan budaya tak benda bukan soal klaim antara negara atau hak eksklusif. Justru, Indonesia bisa menggalang...
Dok FKDB

Ayep Zaki Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur ke Posko NasDem Peduli

👤Media Indonesia 🕔Minggu 27 November 2022, 21:30 WIB
POSKO NasDem Peduli di Kantor DPD NasDem Kabupaten Cianjur terus menerima dan menyalurkan  bantuan kepada masyarakat terdampak...
Antara

Upate 27 November 2022: Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Tercatat 4.151 Orang

👤MGN 🕔Minggu 27 November 2022, 21:04 WIB
Sedangkan untuk kasus aktif berkurang 1.539 orang sehingga menjadi 60.581...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya