Rabu 28 September 2022, 17:07 WIB

Plant-based Serum Dikembangkan Sebagai Alternatif Alami Perawatan dan Ketahanan Kulit

Mediaindonesia.com | Humaniora
Plant-based Serum Dikembangkan Sebagai Alternatif Alami Perawatan dan Ketahanan Kulit

Dok The Body Shop
Ilustrasi

 

Dalam mencapai kondisi kesehatan tubuh yang optimal, kita selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan ke dalam diet kita. Sumber makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung nutrien, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, tidaklah mengherankan apabila produk kecantikan dengan bahan utama yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (plant-based) juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit kita. Ekstrak tumbuh-tumbuhan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit mengandung zat-zat aktif seperti kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Salah satu produk perawatan yang penting dalam skin care routine kita adalah penggunaan serum. Plant-based serum merupakan alternatif yang baik digunakan sehari-hari karena kondisi kulit kita yang sering terpapar polusi, debu, dan zat-zat kimia berbahaya lainnya. Dampak dari paparan ini juga yang dapat menyebabkan stress pada kulit. Serum dirancang untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit. Serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap. Penggunaan serum biasanya dilakukan sebelum pelembap.

Paparan stressor yang terjadi pada kulit juga dapat menyebabkan oksidasi yang menimbulkan molekul radikal bebas sehingga kondisi kulit terganggu kelembapannya, kulit menjadi lebih sensitif, dan lapisan penghalang kulit (skin barrier) yang semakin lemah. Dalam kondisi seperti ini diperlukan konsumsi antioksidan yang baik sehingga kulit dapat berfungsi optimal kembali.

Lalu bagaimana kita dapat mengurangi efek-efek dari stressor eksternal tersebut? Ketahanan kulit (skin resilience) bisa menjadi jawabannya. Ketahanan kulit yang baik berarti lapisan kulit kita dapat berfungsi secara optimal dalam menangkal stressor yang datang setiap harinya. Skin resilience tercermin dari kondisi kulit yang elastis dan mempunyai struktur lebih penuh dengan lapisan penghalang (barrier) kulit yang kuat. Penggunaan Plant-based serum yang mengandung antioksidan tinggi sebagai skin care routine dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga ketahanan kulit.

The Body Shop sebagai brand perawatan kulit dan tubuh yang mengedepankan penggunaan bahan alami serta terus mendorong advokasi terhadap produk kecantikan yang berkelanjutan telah menemukan bahwa bunga Edelweiss yang tumbuh di pegunungan Alpine memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi, termasuk Leontopodic Acid. Bahkan apabila ekstraknya dijadikan bahan produk perawatan kulit, terbukti mengandung 43% lebih banyak antioksidan dari produk-produk yang terbuat dari bahan kimia sintetis seperti retinol. Zat-zat yang terkadung dalam bunga edelweiss telah terbukti dapat menjaga kesehatan lapisan ketahanan kulit dan membuatnya halus dan segar. Temuan terbaru ini membuat Edelweisss menjadi salah satu rahasia kecantikan yang belum terkuak.

Penggunaan produk-produk perawatan kulit dengan bahan alami juga terbukti lebih lembut terhadap kulit serta lebih menenangkan. Selain itu, penggunaan produk dari bahan yang natural juga lebih ramah terhadap bumi kita. Bayangkan produk-produk yang menggunakan bahan kimia sintetis itu dapat masuk dan mengkontaminasi air dan udara di sekitar Anda. Tentu saja ini memberikan efek yang buruk terhadap lingkungan.

Selain melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami, ketahanan kulit juga harus dijaga dari dalam diri kita sendiri. Dr Alia Ahmed, seorang Psychodermatologist menemukan bahwa terdapat hubungan erat antara stress, kesehatan mental dan kondisi kulit kita. Berikut beberapa tips yang dianjurkan Dr Alia Ahmed untuk melindungi dan mempertahankan kulit dari luar dan dalam:
1. Mengaplikasikan ketahanan kulit dari dalam sebagai rutinitas perawatan kulit.
2. Rutinitas tidur yang baik
3. Self-love tercermin pada kulit Anda

Hal-hal seperti inilah yang membantu sirkulasi yang baik serta membangun ketahanan kulit yang optimal. “Ketika kita dapat menyeimbangkan hubungan antara kesehatan emosional dan kesehatan fisik, di situlah kita dapat mencapai kesehatan dan ketahanan kulit yang baik. Proses penuaan pada kulit merupakan hal alami yang terjadi pada semua manusia. Proses ini terkadang menyebabkan ketakutan dan kecemasan, terutama bagi wanita. Oleh karena itu, produk perawatan kulit hendaknya dapat digunakan sebagai salah satu sarana pemberdayaan diri dan membantu kita menjadi lebih percaya diri,” ujar dr Alia Ahmed. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Inovasi Produk Rendah Emisi Jadi Langkah Penting Mitigasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:52 WIB
Emisi karbon yang dihasilkan dari kehidupan manusia yaitu dari sektor produksi, konsumsi, dan transportasi perlu dikelola dengan usaha kita...
dok.Humas BKKBN

Mengapa Stunting Harus Dicegah? Ini kata Kepala BKKBN di depan Penyuluh Agama

👤Ardi T Hardi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:40 WIB
KEPALA BKKBN, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) memaparkan, pentingnya pencegahan stunting. Indonesia pun telah menargetkan angka...
dok.ist

Mahasiswa Apoteker Korban PN UKAI Geruduk Lagi Kemendikbudristek

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:15 WIB
HASIL keputusan dari PTUN tentang uji kompetensi di seluruh tenaga kesehatan sudah menunjukan hasil positif dengan mengembalikannya kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya