Senin 05 September 2022, 22:51 WIB

Urutan Lima Pulau Terbesar di Indonesia

Meilani Teniwut | Humaniora
Urutan Lima Pulau Terbesar di Indonesia

Antara/Bayu Pratama S.
Pekerja menyelesaikan pembuatan prasasti bergambar peta Indonesia di titik nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara di Kecamatan Sepaku.

 

INDONESIA merupakan negara terluas ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 1.904.569 km² dan berada di antara daratan benua Asia dan Oseania. Karenanya, Indonesia dikenal sebagai negara lintas benua serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Dari ribuan pulau tersebut, kepulauan di Indonesia kemudian dikelompokkan menjadi delapan yaitu Kepulauan Sunda Besar of Sumatra atau Sumatra, Jawa, Sejauh Selatan Borneo atau Kalimantan, Celebes atau Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, Bali, Maluku, dan Papua.

Sebanyak 17.508 pulau mengambang di lepas pantai Asia yang masuk ke wilayah Indonesia. Sebanyak 1.552 di antara jumlah itu belum diberi nama. Ada beberapa pulau besar dengan luas belasan hingga ratusan ribu kilometer persegi. Berikut lima pulau terbesar di Indonesia menurut luas permukaannya.

1. Papua 

Papua ialah provinsi yang terletak di pesisir utara Tanah Papua yang berdiri sejak 1 Mei 1963. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh Tanah Papua, di luar Nugini Belanda. Provinsi Papua memiliki luas sekitar 312.224,37 km2. Pulau Papua berada di ujung timur dari wilayah Indonesia dengan potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis dan strategis dan telah mendorong bangsa-bangsa asing untuk menguasainya.

Papua, terbagi menjadi dua wilayah yaitu bagian barat ialah wilayah Indonesia. Sedangkan bagian timur Papua merupakan wilayah negara Papua Nugini. Apabila dilihat melalui peta, pulau Papua memiliki bentuk menyerupai burung cendrawasih. Di Papua pula, terletak gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 m.

Total penduduk yang berada di Papua ditaksir mencapai 3,6 juta jiwa penduduk dan memiliki beberapa suku di dalamnya yaitu suku Arfak, suku Dani, suku Asmat, serta suku asli Papua lain. Papua memiliki dua provinsi yaitu, Papua serta Papua Barat. 

Papua memiliki tujuh wisata populer yang menyuguhkan keindahan alamnya. Ketujuh wisata tersebut ialah Kepulauan Raja Ampat, Lembah Baliem, Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Taman Nasional Wasur, Danau Sentani, dan Danau Paniai. Papua juga memiliki makanan khas yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berani mencoba, yaitu cacing laut, papeda, hingga ulat sagu.

2. Kalimantan 

Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dan pulau terbesar kedua di Indonesia. Letaknya berada di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi. Total luas wilayah pulau Kalimantan sekitar 743.330 km persegi.

Pulau Kalimantan memiliki julukan yaitu Pulau Seribu Sungai, karena memiliki banyak sungai yang mengalir di kepulauan ini. Pulau ini dikelilingi oleh Laut Natuna Timur di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di bagian utara-timur, Selat Makasar dan Laut Sulawesi di timur, dan Selat serta Pulau Jawa.

Sebagai pulau yang memiliki julukan seribu sungai, Kalimantan memiliki sungai-sungai terpanjang yaitu Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 km, Sungai Barito dengan panjang 880 km, Sungai Mahakam dengan panjang 980 km. Perlu diketahui bahwa wilayah pulau Kalimantan terbagi dari Malaysia serta Brunei Darussalam.

Populasi penduduk pulau Kalimantan sendiri ditaksir mencapai 22 juta jiwa, termasuk dengan penduduk yang berasal dari Malaysia serta Brunei. Suku Dayak, Banjar, Melayu, dan Kadazan merupakan suku-suku yang menempati wilayah pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan memiliki puncak tertinggi yang berada di Gunung Kinabalu dengan ketinggian mencapai 4.095 m di atas permukaan laut. Pulau ini juga memiliki lima provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, serta Kalimantan Tengah.

3. Sumatra 

Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia dengan luas 473.481 km². Penduduk pulau ini sekitar 57.940.351 (sensus 2018). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta berarti pulau emas).

Pulau Sumatra terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda, dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia. 

Jumlah penduduk yang mendiami pulau Sumatra diperkirakan mencapai 58 juta jiwa penduduk. Mayoritas penduduk pulau Sumatra berasal dari suku Minangkabau, Batak, Melayu, Aceh, Rejang, Lampung, serta Gayo.

Pulau Sumatra merupakan pulau di Indonesia yang memiliki jumlah provinsi terbanyak, yaitu sebanyak 10 provinsi. Kesepuluh provinsi tersebut ialah Aceh, Riau, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Bengkulu, serta Lampung.

4. Sulawesi 

Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar meliputi area seluas 174.600 km2 dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. Di Indonesia, hanya Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya serta hanya Pulau Jawa dan Sumatra yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

Apabila dilihat melalui peta, Pulau Sulawesi memiliki bentuk pulau yang menyerupai huruf K. Penduduk dari Pulau Sulawesi berasal dari berbagai suku, yaitu Suku Toraja, Minahasa, Bugis, Buton, Mandar, serta Bajau. Ada enam provinsi yang berada di Pulau Sulawesi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, serta Gorontalo.

5. Jawa 

Pulau Jawa memiliki jumlah total wilayah 126.700 km persegi dan menjadi pusat industri serta perekonomian di Indonesia. Pulau Jawa juga merupakan pulau terpadat di Indonesia bahkan di dunia.

Menempati peringkat kelima sebagai pulau terbesar di Indonesia, Jawa memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 160 juta jiwa dan lebih dari setengah populasi di Indonesia berada di Pulau Jawa. Kepadatan penduduk di Jawa bahkan mencapai 1317 jiwa per kilometer. Penduduk di pulau Jawa merupakan orang yang berasal dari suku Jawa, Betawi, Sunda, Baduy, Madura, Tengger, serta suku-suku lain.

Pulau Jawa berbatasan dengan laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat, Selat Bali di timur, serta Samudra Hindia di selatan. Pulau Jawa memiliki puncak tertinggi yang berada di Gunung Semeru dengan ketinggian mencapai sekitar 3.676 m di atas permukaan laut.

Pulau Jawa memiliki enam provinsi yang secara resmi tercantum secara administratif. Keenam provinsi tersebut ialah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Nama Jawa berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pulau. Pulau ini juga memiliki aksara tradisional yang hurufnya menyerupai aksara Thailand dan disebut dengan Hanacaraka. Aksara tradisional Jawa ini juga berkerabat dengan aksara Bali dan digunakan untuk menulis bahasa Jawa beserta sejumlah bahasa daerah lain, seperti bahasa Sasak dan bahasa Sunda. (OL-14)

Baca Juga

DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...
MI/Vicky Gustiawan.

Konsumen semakin Jeli Memilih Kualitas Produk Vape

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:35 WIB
Pihaknya perlu berkolaborasi dengan konsumen secara langsung untuk tidak hanya menyebarkan informasi mendalam mengenai rokok elektrik,...
Dok. BPIP

Wakil Kepala BPIP Sampaikan Urgensi Pendidikan Pancasila di Hadapan Ribuan Guru Agama

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:26 WIB
"Tantangan global dan ancaman hilangnya identitas bangsa menjadikan Pendidikan Pancasila penting untuk diajarkan di semua jenjang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya