Kamis 14 Juli 2022, 14:44 WIB

Upaya Mempertahankan Budaya Bangsa di Dunia Digital

Mediaindonesia.com | Humaniora
Upaya Mempertahankan Budaya Bangsa di Dunia Digital

Antara
Ilustrasi

 

Dunia digital tidak memiliki batas ruang dan waktu, sehingga budaya Indonesia dan luar negeri bisa campur aduk. Sekarang ini nilai-nilai budaya Indonesia dinilai luntur karena mengaburnya wawasan kebangsaan dan menipisnya kesopanan serta kesatunan.

“Kita bisa menggabungkan budaya, dari budaya masuk, tapi kita juga mempertahankan budaya sendiri. Budaya luar misalnya kita ambil kerja keras, produktivitas, mind set (pola pikir), tapi budaya negatifnya jangan diambil, seperti seks bebas, cuek,” kata Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida di Mojokerto, Jawa Timur, Senin (11/7).

Digitalisasi budaya merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna kebudayaan Indonesia. Budaya yang dimaksud tentu bukan hanya nilai-nilai baik bangsa Indonesia, tapi juga peninggalan sejarah, adat istiadat, kerajinan, seni budaya, hingga kuliner.

Sekarang ini budaya Indonesia seakan menghilang. Media digital menjadi panggung budaya asing. Korea Selatan misalnya, beberapa budaya mereka sudah masuk ke Tanah Air. Menurut Andry, masyarakat harus menanamkan rasa bangga menjadi bangsa yang besar.

“Kita harus mulai percaya diri, bangga dengan bangsa sendiri. Jangan hanya melihat budaya luar, tapi mempromosikan keindahan alam, keragaman dan keunikan budaya Indonesia melalui media digital,” ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

quora.com

Mengenal Manfaat Gerakan Meroda dan Cara Melakukannya

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 06:15 WIB
Gerakan Meroda adalah gerakan memutar tubuh dari arah samping. Tumpuan gerakan meroda terletak di bagian kaki serta...
Instagram @disneyplushotstarid

Ini Beda Tokoh Protagonis dan Antagonis

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 05:30 WIB
Protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik, dikenal, dan disukai semua orang. Tokoh ini merupakan kunci dan bagian yang sangat...
Ist

Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:40 WIB
Proses radikalisasi seringkali masuk akibat keterbukaan yang tidak diiringi sikap kritis. Hal ini mengingat strategi infiltrasi kelompok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya