Minggu 03 Juli 2022, 16:24 WIB

Tingkatkan Daya Saing Nasional, Rerie: Manfaatkan Potensi Kelautan

mediaindonesia.com | Humaniora
Tingkatkan Daya Saing Nasional, Rerie: Manfaatkan Potensi Kelautan

Antara
Potret sejumlah nelayan mengeluarkan hasil tangkapan ikan.

 

POTENSI sumber daya alam seharusnya dimanfaatkan, agar bangsa Indonesia memiliki daya saing di kancah global. Sumber daya alam di laut nusantara juga menunggu peningkatan pemanfaatan oleh anak bangsa.

"Masih banyak potensi di laut kita yang belum dimanfaatkan dengan baik. Di tengah kondisi persaingan global, potensi sumber daya alam laut kita harus mendapatkan perhatian yang serius," ujar Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Minggu (3/7).

Dari survei yang dirilis pada Hari Laut sedunia, yakni 8 Juni 2022, tentang sikap terhadap makanan laut dan kesehatan laut, menemukan hampir 90% responden khawatir tentang keadaan lautan. Survei tersebut dilakukan oleh GlobeScan terhadap 25.000 responden di 23 negara.

Baca juga: Lewat Diversifikasi Produk Perikanan, KKP Harap AKI Meningkat

Adapun Portugis, Korea Selatan dan Prancis merupakan responden yang paling khawatir. Di lain sisi, responden Tiongkok, Polandia, Singapura dan Afrika Selatan yang paling optimistis. Survei juga mengungkapkan kekhawatiran paling tinggi terhadap masalah di lautan.

Seperti, polusi (65%), penangkapan ikan berlebihan (44%) dan perubahan iklim (37%). Hampir tiga perempat (73%) konsumen yang disurvei percaya, bahwa masyarakat harus makan makanan laut dari sumber yang berkelanjutan. Itu naik dari 65% jika dibandingkan dengan dua tahun lalu.

Meningkatnya kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya masa depan laut, harus mendorong Indonesia secara sungguh-sungguh mengelola sumber daya kelautan yang berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi yang tepat guna pun juga perlu ditingkatkan.

"Dalam proses pemanfaatan sumber daya kelautan, tentu saja jangan tinggalkan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat," imbuh Rerie, sapaan akrabnya.

Baca juga: Indonesia Komitmen Bangun Lingkungan Hidup Berkelanjutan

Pengembangan pemanfaatan sumber daya laut yang berkelanjutan, memerlukan dukungan dari semua pihak. Baik pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, termasuk masyarakat nelayan.

Lalu, perlu upaya edukasi dan sosialisasi yang menyeluruh, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat nelayan. Sehingga, mampu mengelola sumber daya laut secara berkelanjutan.

"Sebagai negara maritim, bangsa Indonesia perlu menerapkan langkah strategis untuk menjawab peningkatan perhatian dunia terhadap pengelolaan laut," tandasnya.(RO/OL-11)
 

Baca Juga

Ist/DPR

Peringati Hari Pemuda Internasional, DPR Serukan Pesan Solidaritas Antargenerasi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:56 WIB
Generasi Milenial maupun Z, memiliki peran masing-masing sesuai sektornya yang tentu berkontribusi besar bagi kemajuan negara dan...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

BKSDA Aceh Selamatkan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Gayo Lues

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:06 WIB
Berdasarkan hasil pemeriksaan dan penanganan tim medis di lapangan, kondisi Harimau Sumatra ini mengalami infeksi luka dan perlu dilakukan...
Indianwire.com

Lebih Mematikan dari Covid, Pakar Jelaskan Lima Hal tentang Virus Langya

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:00 WIB
Penyakit ini tidak ditularkan ke kontak dekat atau erat pasiennya. Serta juga tidak ada riwayat sumber penularan yang sama di antara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya