Senin 06 Juni 2022, 17:59 WIB

Indonesia Komitmen Bangun Lingkungan Hidup Berkelanjutan

Atalya Puspa | Humaniora
Indonesia Komitmen Bangun Lingkungan Hidup Berkelanjutan

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi aksi menjaga lingkungan hidup dengan bersih-bersih pantai

 

HARI Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni 2022. Tahun ini sendiri, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat tema Only One Earth, Satu Bumi untuk Masa Depan.

Staf Ahli Menteri LHK Bidang Eenergi Winarni Monoarfa mengungkapkan Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk membangun lingkungan hidup berkelanjutan.

"Di Indonesia pembangunan lingkungan hidup jadi perhatian utama kepada semua menteri kabinet. Hal ini ditekankan oleh Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan harus selalu diikuti upaya untuk menjaga aspek lingkungan," kata Winarni dalam Pembukaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di Gedung Manggala Wanabakti, Senin (6/6).

Baca juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Gandeng Komunitas Sepeda

Winarni mengungkapkan, Indonesia pun terus melakukan upaya pemulihan lingkungan sambil melakukan penataan keadilan akses sumber daya lahan untuk masyarakat luas.

"Hak akses sumber daya alam dan atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sudah mendapat pengaturan secara nasional dalam berbagai ketentuan peraturan perundang-undangan dalam berbagai langkah korektif atas kebijakan masa lalu dalam belasan hingga puluhan tahun terus kita sempurnakan bersama," beber dia.

Dalam pengendalian perubahan iklim, kata dia, Indonesia termasuk negara yang telah menegaskan komitmennya dengan dokumen updated Nationally Determined Contribution (NDC) dan dokumen Long Term Strategy Low Carbon Climate Resilience (LTS-LCCR) 2050 yang berfungsi sebagai pedoman dalam implementasi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Warga Pesisir Gresik Keluhkan Hawa Panas Ekstrem

👤M Yakub 🕔Selasa 27 September 2022, 18:48 WIB
WARGA di sejumlah kawasan di pesisir Gresik, Jatim, mengeluhkan hawa panas yang cukup menyengat dalam beberapa hari...
Dok. Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Keperawatan UI Gelar Pelatihan Pencegahan Trauma Pascabencana di Sumedang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 18:37 WIB
Diketahui, Desa Ciherang merupakan salah satu desa yang rawan terhadap terjadinya bencana tanah longsor. Kurang lebih enam bulan yang lalu...
Dok. UJ

UI dan Kemenparekraf Salurkan Peralatan K3 di Desa Wisata Hanjeli Sukabumi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 18:33 WIB
Adapun peralatan yang disalurkan, yakni 1 set Bidai, 1 buah Manekin CPR Bayi, 1 buah manekin dewasa, 1 buah tandu lipat, 1 KED, 1 buah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya