Kamis 12 Mei 2022, 09:00 WIB

Rutin Latihan Angkat Kaki Bagus untuk Penuaan yang Sehat

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Rutin Latihan Angkat Kaki Bagus untuk Penuaan yang Sehat

ANTARA/Lia Wanadriani Santosa
Latihan angkat kaki

 

LATIHAN mengangkat jari kaki hingga bagian kaki atas dengan bertumpu pada tumit menawarkan manfaat besar untuk keseimbangan, memperkuat otot-otot kaki bagian bawah, meningkatkan mobilitas, dan semua itu keuntungan utama untuk penuaan yang sehat.

"Mengangkat kaki adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda membangun kekuatan, mobilitas, dan stabilitas pada otot yang terletak di bagian depan pergelangan kaki dan kaki bagian bawah," ujar Grayson Wickham, pendiri Movement Vault seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (11/5).

Di sisi lain, latihan ini juga bisa meningkatkan aliran darah ke jantung.

Baca juga: Wapres: Angka Prevalensi Stunting Tahun Ini Harus Turun 3%

Pembuluh darah bergantung pada kontraksi otot untuk membantu aliran darah kembali ke jantung. Pembuluh darah di sekitar kaki dan pergelangan kaki memiliki waktu yang paling menantang untuk mengembalikan darah ke jantung karena gravitasi (dan jarak yang jauh ke jantung.

"Di situlah latihan pergelangan kaki, seperti angkat kaki, berguna. Latihan ini dapat membantu memfasilitasi aliran darah dengan membantu pembuluh darah Anda untuk mengangkut darah (melalui kontraksi otot) kembali ke jantung Anda dan, dalam prosesnya, memasok semua oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya," jelas Wickham.

Untuk hasil terbaik, Anda harus menargetkan jumlah repetisi yang lebih tinggi yaitu, melakukannya sebanyak mungkin sampai semampu Anda, menurut Wickham.

Untuk memulainya, pertama-tama berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Dengan bertumpu pada tumit, angkat jari-jari kaki dan bagian depan kaki Anda dari lantai. 

Hanya tumit Anda yang harus tetap di tanah. Berhenti sebentar, lalu turunkan kaki Anda ke tanah. Ulangi gerakan ini selama 15-20 kali.

Cobalah lakukan gerakan angkat jari ini dua hingga tiga set setidaknya dua kali seminggu, bersama dengan peregangan pergelangan kaki untuk mempertahankan mobilitas maksimum dan persendian yang sehat. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Semua Bisa Jadi Jurnalis, Ini Syaratnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 17:00 WIB
Bagaimana menjadi wartawan yang bertanggung jawab dan mencerahkan bagi penerima...
DOK KEMENSOS

Peringati Puncak HLUN 2022, Mensos Minta Semua Elemen Masyarakat Pastikan Lansia Tetap Sehat dan Produktif

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 16:25 WIB
Kemensos memberikan berbagai layanan dengan nilai bantuan total...
DOK KEMENSOS

Rangkaian HLUN 2022, Kemensos Serahkan Alat Bantu Bagi Lansia di Kecamatan Puspahiang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 16:05 WIB
Sebelum mendapatkan kursi roda, Bana berjalan hanya menggunakan dua tangan dan kaki lurus ke depan. Kondisi ini sudah berjalan sejak 5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya