Kamis 28 April 2022, 13:28 WIB

Bank Indonesia Cirebon Dukung Wastra Batik Caringin

Mediaindonesia.com | Humaniora
Bank Indonesia Cirebon Dukung Wastra Batik Caringin

Antara
Ilustrasi

 

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon mendukung perancang busana Wignyo Rahadi menampilan wastra batik Ciwaringin dalam perhelatan Muslim Fashion Festival+ (MUFFEST+) 2022, Jakarta, 22 April lalu.

"Saya mengangkat tema 'Geolasem' yang merupakan representasi dari ciri khas motif batik Ciwaringin yang didominasi dengan motif geometris dan juga flora (bunga) gaya Laseman. Dikombinasikan dengan material tenun ATBM, ragam corak batik Ciwaringin tetap pusat perhatian dari koleksi ini," kata Wignyo dalam keterangan resmi, Kamis (28/4).

Koleksi karya Wignyo ini ditampilkan dalam konsep two piece dengan gaya kasual, terdiri dari blouse lengan panjang, crop top, celana panjang highwaist, kulot, rok panjang, dan celana panjang yang basic. Dengan tambahan teknik lilit pada bagian rok dipadukan aksen obi pada bagian pinggang guna mempertegas siluet serta menampilkan kesan modis dan kekinian.

Batik Ciwaringin punya memiliki ciri khas batik ramah lingkungan dengan pewarnaan alam. Dengan menerapkan konsep sustainable fashion sehingga memiliki potensial sebagai komoditas unggulan produk Indonesia untuk memasuki pasar global dengan daya tarik dari karakteristik yang unik dan eksklusif.

Warna-warna yang dihasilkan menggunakan pewarna alami yang berasal dari hewan atau tumbuhan seperti akar, kulit, kayu, daun, bunga, ataupun buahnya.

Batik Ciwaringin memiliki pilihan warna cenderung soft dan tidak mencolok seperti indigo/nila, hijau army, kuning kehijauan dan coklat.

Dukungan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon untuk Wignyo adalah bagian dari dukungan untuk program gerakan nasional Bangga Pakai Produk Lokal juga penyelarasan industri yang berpotensi besar dalam memperluas pemasaran produk fesyen muslim Indonesia ke tingkat global dan menjadi trendsetter fesyen muslim dunia. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA

Ini Fatwa MUI Tentang Hukum Hewan Kurban Saat Wabah PMK

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 15:52 WIB
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan menyampaikan bahwa pelaksanaan kurban Idul Adha tahun ini aman, nyaman sehingga tidak terlalu khawatir adanya...
ANTARA

TP PKK Harap Angka Stunting Terus Menurun di Indonesia

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 29 Juni 2022, 15:25 WIB
Saat ini banyak anak balita yang memerlukan bantuan dalam meningkatkan gizi. Gizi tersebut dibutuhkan dalam 1.000 hari masa tumbuh...
Ist

Beri Penghormatan ke TMP Kalibata, Kapolri Lanjutkan Semangat Pahlawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 15:24 WIB
Bentuk penghormatan kepada para pahlawan bangsa serta pendahulu personel kepolisian ini sekaligus rangkaian dalam menyambut Hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya