Senin 25 April 2022, 18:30 WIB

Contoh Upacara Adat Terpopuler di Indonesia

Pierre Lavender | Humaniora
Contoh Upacara Adat Terpopuler di Indonesia

Antara/Rahmad.
Petua adat melakukan peusijuk (teupung tawar) benih padi sebelum disemai saat kenduri blang akbar (kenduri turun kesawah), Desa Keude Krung.

 

UPACARA adat merupakan salah satu tradisi masyarakat tradisional yang masih dianggap memiliki nilai-nilai relevan bagi kebutuhan masyarakat pendukungnya. Tujuan upacara adat menghormati para leluhur dan Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus melestarikan budaya dari generasi ke generasi.

Berikut berbagai upacara adat yang populer di Indonesia beserta asal daerah dan tujuannya:

1. Peusijuk di Aceh

Aceh memiliki upacara adat yang dikenal dengan nama Peusijuk. Upacara adat ini biasa dilakukan oleh masyarakat sebagai ucapan syukur kepada Tuhan dalam acara pernikahan, rumah baru, naik haji, hingga kelahiran.

2. Ngaben di Bali

Upacara adat Bali yang paling dikenal yaitu Ngaben. Prosesi Ngaben merupakan upacara terkait kematian dengan membakar jenazah dan menghanyutkan abu ke laut atau sungai.

3. Kasada di Jawa Timur

Upacara adat Jawa Timur disebut Kasada. Tradisi ini dimiliki oleh suku Tengger yang memeluk agama Hindu untuk meminta pengampunan dari Brahma atau Dewa Pencipta. Dalam upacara adat ini, suku Tengger biasa akan melempar beberapa sesajen ke kawah Gunung Bromo, semisal sayuran, buah-buahan, hasil ternak, hingga uang.

4. Mekikuwa di Sulawesi Utara

Ucap syukur juga biasa dilakukan di Manado, Sulawesi Utara, dengan nama Mekikuwa. Para peserta upacara adat ini mengungkapkan rasa syukur atas pemeliharaan sepanjang tahun kepada Tuhan. Selain itu, mereka memohon agar tuhan memberikan jalan dan berkat kepada tahun yang baru.

5. Dahau di Kalimantan Timur

Upacara Dahau di Kalimantan Timur dilakukan untuk memberikan nama kepada anak yang masih keturunan bangsawan. Ada banyak ritual yang dilakukan dalam upacara adat ini hingga berlangsung satu bulan. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas

Guru Besar UGM: Ganja Bisa Jadi Alternatif Obat, Tapi Bukan yang Utama

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 01 Juli 2022, 15:40 WIB
Zullies menegaskan, posisi ganja medis ini sebenarnya justru merupakan alternatif dari obat-obat lain, jika memang tidak memberikan respon...
MI/Moh Irfan

KSP Selesaikan Sengketa Lahan Perluasan RS dr. M. Djamil di Padang

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 01 Juli 2022, 15:33 WIB
Abetenego mengungkapkan persoalan pengadaan tanah untuk perluasan RSUP dr. M. Djamil sudah berlangsung cukup...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Indonesia Rencana Teliti Tanaman Ganja untuk Obat Diabetes

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:40 WIB
Inang menyebut, pihaknya akan meneliti zat yang terkandung dalam akar, batang, daun, dan bunga dari tanaman ganja untuk pengobatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya