Jumat 22 April 2022, 16:59 WIB

Ganjil-Genap dan Satu Arah di Tol Jalur Mudik bisa Dipercepat pada 25 April

Kautsar Widya Prabowo | Humaniora
Ganjil-Genap dan Satu Arah di Tol Jalur Mudik bisa Dipercepat pada 25 April

ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Foto udara pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat.

 

JURU bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyebut ada kemungkinan penerapan sistem ganjil genap (gage) dan one way dimulai lebih awal. Rekayasa lalu lintas itu dijadwalkan mulai diterapkan pada Kamis, 28 April 2022.

"Ada kemungkinan dimajukan tanggal 25 April, ini pihak Korlantas Polri akan melakukan sosialisasi lebih awal," ujar Adita dalam konferensi pers seara virtual di kanal Youtube BNBP, hari ini.

Adita menjelaskan one way dan gage diterapkan secara bersamaan mulai dari kilomter (47) Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga km 414 Jalan Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. Kebijakan dinilai mampu mengurai potensi kendaraan? pemudik yang tidak dapat begerak.

Baca juga: Kemenhub: Masyarakat Mulai Sadar untuk Mudik Lebih Awal

"Memang ada titik-titik kritis yang bisa menimbulkan kemacetan, ini kami identifikasi ada mulai dari km 49 (Jakarta-Cikampek) sampai km 400an di Semarang," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menegaskan tidak memeriksa secara menyeluruh kendaraan pemudik saat penerapan sistem ganjil genap (gage). Ia meminta kesadaran masyarakaat untuk menaati jadwal penerapan sistem tersebut.

"Namanya kerjaan pendewasaan, masyarakat berangkatlah sesuai dengan jadwal yang sudah kita sepakati dan informasikan," ujar Firman dalam konferensi pers mengenai Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Angkutan Lebaran 2022, dikutip Jumat, 22 April 2022. (OL-4)

Baca Juga

Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...
MI/Susanto

Naib Amirul Hajj Minta Pemberangkatan Haji Tahun Depan Lebih Selektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:00 WIB
"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat...
ANTARA/Idhad Zakaria

Dokter Ingatkan Agar Segera Sikat Gigi Setelah Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:30 WIB
Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi lapisan lengket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya