Minggu 17 April 2022, 17:22 WIB

Penyelenggaraan Haji 2022 Diprediksi Lebih Nyaman

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Penyelenggaraan Haji 2022 Diprediksi Lebih Nyaman

AFP
Ilustrasi

 

ASOSIASI Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) menilai penyelenggaraan haji tahun ini diperkirakan akan berjalan lebih nyaman karena jemaah haji tahun ini hanya 1 juta jemaah yang biasanya 2,5 juta dan merelaksasi protokol kesehatan.

Ketua Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah Amphuri M Azhar Gazali mengatakan Pemerintah Arab Saudi tentu sudah mempersiapkan diri dengan baik namun tetap mengacu pada aturan-aturan protokol kesehatan haji di masa pandemi ini.

Baca juga: Bintang Emon Dukung Remaja Indonesia jadi Gen Aktif

"Toh juga jemaah yang berangkat jumlahnya tidak sebesar di masa pemberangkatan normal dulunya sehingga tentu mereka akan beribadah dengan kondisi relatif lebih nyaman," kata Azhar saat dihubungi, Minggu (17/4).

Persiapan dari Tanah Air yang dipersiapkan Amphuri agar jemaah dipastikan sudah vaksin booster.

"Seluruh travel di bawah naungan Amphuri telah kami ingatkan agar jemaah yang akan berangkat umroh sebaiknya sudah melakukan booster, dan sebagian besar mereka sudah menyampaikan ini kepada jemaahnya," ujarnya.

Hal ini perlu dilakukan selain menjadi aturan di negara juga mengantisipasi jika pihak Saudi nantinya mewajibkan diberlakukan booster pada jemaah yang berangkat umroh.

Azhar mengatakan saat ini jumlah jemaah yang telah masuk dan juga yang masih berada di 2 Tanah Suci jumlahnya cukup besar dan tidak lagi diberlakukan prokes yang ketat.

"Pihak Arab Saudi sepertinya telah memiliki pemahaman tersendiri terkait pandemi covid-19 bahkan cenderung menganggap ini sudah sebagai endemi, Alhamdulillah-nya juga karena sebagian besar jemaah kita yang pulang juga dalam keadaan sehat dan tidak ada laporan terindikasi covid-19 atau bahkan sampai ada yang dirawat," ujarnya.

Kementerian Kesehatan juga sudah mempersiapkan kebutuhan kesehatan untuk melayani jemaah yang sakit.

"Tetap saja kita berlakukan kondisi seperti itu dengan menyiapkan kebutuhan kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin toh juga untuk menghindarkan kita dari sakit karena faktor lain, baik kelelahan atau tertular jenis virus lainnya. Standar higienis kita seperti masker, hand sanitizer, obat-obatan dan lainnya," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:00 WIB
Penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya