Selasa 12 April 2022, 12:22 WIB

Artificial Intelligence Diperlukan untuk Mendukung Sumber Daya Kesehatan

Retno Hemawati | Humaniora
Artificial Intelligence Diperlukan untuk Mendukung Sumber Daya Kesehatan

Tangkapan layar MI/Retno Hemawati
Artificial Intelligence

 

Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan kesehatan terutama di rumah sakit menjadi inovasi yang sangat penting dan sudah diterapkan dalam penyediaan dukungan medis di Eropa serta sebagian besar wilayah di dunia. Pemanfaatan teknologi ini meningkatkan keberhasilan dari berbagai metode pengobatan dalam 10 tahun terakhir dan angka harapan hidup.

Namun selain manfaat tersebut, ternyata dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan lainnya seperti kekurangan jumlah dokter, perawat dan tenaga medis terlatih lainnya. Semakin kompleks masalah medis dan tenaga medis spesialistik yang seringkali tidak dapat dihadirkan di rumah sakit wilayah tertentu dapat menjadi masalah yang penting.

Artificial Intelligence merupakan salah satu solusi untuk mengurangi peningkatan beban kerja dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk menghasilkan layanan kesehatan yang efisien, efektif, dan berkualitas. Aplikasi artificial intelligence dapat berkontribusi untuk melawan pandemi seperti Covid-19 sehingga mampu membantu rumah sakit lebih fokus terhadap sumber daya dalam pengobatan pasien dalam situasi pandemi. Kemampuan adaptasi dan agility pada rumah sakit adalah sebuah prasyarat untuk mengoptimalkan aplikasi ini.

Aplikasi artificial intelligence (AI) harus tertuju pada analisis, diagnosis, dan tatalaksana tanpa kontak langsung, menurunkan angka kontak tenaga kesehatan dengan pasien, dan mengurangi kunjungan rumah sakit secara langsung sehingga menurunkan potensi penyebaran dari Covid-19 dan atau virus pandemi lain.

Bahasan ini dipaparkan dalam Seminar Online bertajuk Artificial Intelligence sebagai Pendukung Sumber Daya Kesehatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia pada Selasa (12/4). (OL-12)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 1.831 Orang Per Hari

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:45 WIB
Penambahan tersebut berkurang dibandingkan pada Jumat, 24 Juni, sebanyak 2.069...
Antara

Lansia yang Sudah Vaksin Lengkap, Diminta Segera Booster

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:10 WIB
Pasalnya, lansia merupakan kelompok yang rentan terinfeksi covid-19, khususnya subvarian Omikron. Jika sudah mendapatkan vaksin...
MI/Susanto

61,81% Jemaah Haji Indonesia Memiliki Risiko Tinggi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:40 WIB
Menurut PPIH Arab Saudi bidang kesehatan bahwa jemaah haji Indonesia per 25 Juni 2022 yang memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya