Jumat 08 April 2022, 15:03 WIB

Universitas Terbuka Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Termuda

mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Terbuka Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Termuda

Ist/UT
Kegiatan Rapat Pleno Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka.

 

PROSES Harmonisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) untuk Universitas Terbuka (UT) telah selesai diketok palu oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan RI, Prof. Dr. H.R. Benny Riyanto, S.H., M.HUM., C.N.

Disepakati enam kementerian yang terdiri dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Rabu (5/4) dalam kegiatan Harmonisasi Rancangan Peraturan Pemerintah tentang  Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, Universitas Terbuka (PTN-BH UT).

Setelah lolos dalam Rapat Harmonisasi, tinggal selangkah lagi proses menjadi PTN-BH dengan ditandatangani PP PTN-BH UT oleh Presiden RI. Sebelumnya RPP PTN-BH UT telah melewati pembahasan dalam Rapat Pra-PAK dan PAK.

Setelah rapat pleno, peserta rapat melalukan review RPP guna memastikan tidak ada kesalahan keterbacaan. UT sebagai subjek PTN yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan PTN lainnya pada pengelolaan sistem pembelajaran.

Baca juga: 20 Bidang Studi UI Masuk Ranking Dunia Versi QS WUR By Subject 2022

UT sangat cepat dalam mengusung transformasi menjadi PTN-BH dibandingkan dengan PTN satuan kerja BLU lainnya. Proses harmonisasi ini telah didahului dengan rapat pra Panitia Antar Kementerian (PAK) dan PAK yang telah dikomandoi oleh  Inspektur Jenderal Kemdikbudristek.

Dalam sambutannya, Dirjen, Dr. Chatarina Muliana, S.H., SE., M.H, Inspektur Jenderal Kemdikbudristek, mengatakan UT memiliki keunikan dan UT sebagai satuan kerja BLU juga menjadi benchmark bagi PTN lain dalam mengelola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Menurut Chatarina, UT paling cepat menjadi PTN-BH, di usia yang masih muda dan diantara PTN dengan satker BLU lainnya.

Diharapkan ke depannya, UT sebagai PTN-BH akan bergerak lebih cepat karena keleluasaan lebih tinggi.

Chatarina juga berharap setelah sah UT menjadi PTN-BH, dapat menjalankan amanat dalam mengelola perguruan tinggi, kualitas makin ditingkatkan.

"Karena tanggung jawab kita menyiapkan generasi untuk bangsa,” pesan Chatarina.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh untuk UT komitmen integritas agar UT naik kelas menjadi PTN-BH.

"Memenuhi harapan pemerintah, masyarakat, dan bangsa terhadap UT, dan siap meningkatkan layanan lebih baik," kata Prof.Ojat. (RO/OL-09)

Baca Juga

kemdikbud.go.id

"Suara Bel" Satu Menit untuk Kesetaraan Hak

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 25 September 2022, 08:05 WIB
Mereka ingin menarik perhatian dunia akan pentingnya hak anak atas pendidikan, termasuk anak...
Medcom.id/Ahmad Mustaqim

UKDW Perluas Jangkauan Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka

👤Ahmad Mustaqim 🕔Minggu 25 September 2022, 07:00 WIB
Sebanyak 76 mitra tersebut sebagian besar sudah bekerja sama dalam program MBKM maupun pengabdian...
BPMI SETPRES/RUSMAN

NU-India Berdiskusi Atasi Ancaman terhadap Umat Minoritas India

👤Henri Siagian 🕔Minggu 25 September 2022, 01:12 WIB
NU, kata Gus Yahya, mendorong setiap orang yang beriktikad baik dari setiap agama dan bangsa untuk rnenolak penggunaan identitas sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya