Rabu 30 Maret 2022, 22:04 WIB

Pengurangan Sampah Harus Dimulai dari Piring Makan 

Atalya Puspa | Humaniora
Pengurangan Sampah Harus Dimulai dari Piring Makan 

Antara/Aloysius Jarot Nugraha
tumpukan sampah di TPA Ngronggo, Salatiga, Jawa Tengah

 

MENTERI Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencenaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengungkapkan, memanfaatkan sampah untuk energi terbarukan bukanlah satu upaya yang efektif dalam hal pengendalian sampah. Ia menegaskan, bahwa penanganan sampah harus dimulai dari hulu, khususnya dalam hal pengurangan limbah makanan. 

"Sampah itu harus diselesaikan di tingkat hulu. Kita selesaikan di piring makan kita. Kenapa? Karena 30% orang Indonesia membuang makanannya di piring, dan itu menjadi sampah," kata Suharso dalam acara bertajuk Dukungan Sektor Akademis untuk Pemulihan Hijau & Komitmen Iklim Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (30/3). 

Ia melanjutkan, sampah itu kemudian menjadi asam, lindi, dan gas yang dapat merusak lingkungan dan berdampak buruk bagi manusia dan makhluk lainnya. Untuk itu, diperlukan penanganan yang serius dari sisi hulu. 

Baca juga : Pendapatan Siloam International Hospitals Meningkat Hingga 33%

Dalam hal ini, ia meminta dukungan semua pihak, khususnya pihak-pihak perguruan tinggi agar berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengendalian sampah dan lebih luas lagi mengenai isu perubahan iklim yang terjadi saat ini. 

"Saya sangat bergermbira kalau universitas di Indonesia concern soal ini. Saran saya, ambillah sesuatu yang paling dekat di tempat universitas anda, bahkan mulaila dari universitas anda. Tunjukkan bahwa universitas anda mampu sebagai agen yang benar-benar memihak pada pencegahan perubahan iklim yang sama-sama tidak kita inginkan," pungkas dia. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya