Sabtu 12 Maret 2022, 16:05 WIB

Pemerintah Putuskan Aturan Mudik Lebaran di Akhir Maret

Kautsar Widya Prabowo | Humaniora
Pemerintah Putuskan Aturan Mudik Lebaran di Akhir Maret

ANTARA FOTO/Rahmad
Pelarangan Mudik Lebaran tahun 2021

 

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menjelaskan pemerintah akan memutuskan perizinan mudik lebaran 2022 pada akhir Maret. Kebijakan itu ditentukan berdasarkan perkembangan covid-19 di Indonesia.

"Di dalam uji coba ini nanti akan kita lihat nanti sampai akhir Maret, kalau kasus menurun, kasus kematian cenderung menurun, tentu akan berikan harapan dan gambaran yang lebih baik," ujar Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K Ginting dalam diskusi secara virtual bertajuk Bersiap Hidup di Era Endemi, hari ini.

Alex mengatakan, jika kasus covid-19 kembali meningkat, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap pelonggaran kebijakan yang tengah berjalan. Termasuk kemungkinan meningkatkan status level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada daerah yang gagal kendalikan covid-19.

Baca juga: Satgas Tegaskan Pemerintah tak Longgarkan Prokes

"Mana kala kasus semakinn naik semakin naik di akhir Maret ini, ini yang akan menjadi persoalan kita, kita akan terjadi levelisasi PPKM, yang tadinya Level 2 jadi Level 3 lagi, ini jadi pekerjaan rumah kita bersama," terangnya.

Lebih lanjut, Alex menekankan status pandemi covid-19 belum dicabut. Pemerintah hanya menerapkan pelonggaran kebijakan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

"Pelonggaran persyaratan (PPDN) itu bukan berarti prokes juga hilang, tetap. Justru prokes harus terus diperkuat," katanya.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Capaian Vaksinasi Kedua Bertambah 5.803 orang

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:35 WIB
Total 169.117.557 orang telah menerima vaksin lengkap per Minggu...
Antara

Tingkatkan Daya Saing Nasional, Rerie: Manfaatkan Potensi Kelautan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:24 WIB
Meningkatnya kesadaran masyarakat dunia tentang masa depan laut, harus mendorong Indonesia lebih serius mengelola sumber daya kelautan yang...
Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya