Selasa 15 Februari 2022, 07:55 WIB

Legenda Danau Batur dalam Perspektif Geosains

M-4 | Humaniora
Legenda Danau Batur dalam Perspektif Geosains

Dok. TIM PENELITI LABORATORIUM HIDROGEOLOGI DAN HIDROGEOKIMIA, FTTM-ITB
Tim peneliti Laboratorium Hidrogeologi dan Hidrogeokimia FTTM-ITB bersama dengan tim mitra penelitian dari Batur UNESCO Global Geopark.

 

BALI diketahui sangat kaya akan budaya dan legenda yang masih dipelihara dengan baik oleh masyarakat hingga saat ini. Salah satu legenda yang terkenal ialah asal-usul terbentuknya Danau Batur. Legenda itu menceritakan seorang raksasa yang diperintahkan menggali lubang hingga keluar air dari bawah tanah di galian lubang tersebut. Ketika air melimpah dan memenuhi seisi tempat itu, kemudian warga menimbun raksasa tersebut dengan melemparkan batu kapur (bersifat basa atau alkali) ke arah raksasa yang berada di dalam lgalian ubang. Lubang tersebut akhirnya menjadi sebuah danau yang kemudian dinamakan Danau Batur.

Legenda terbentuknya Danau Batur memiliki kemiripan dengan mekanisme hidrogeologi yang berkaitan dengan sumber dan kondisi alkali (basa) air dari di danau tersebut. Hasil analisis hidrogeokimia dan isotop menunjukkan bahwa sumber air Danau Batur bukan berasal dari air hujan/air meteorit, melainkan berasal dari bawah permukaan, yaitu fluida yang terkait aktivitas magmatik dan vulkanis. Lubang yang digali raksasa tersebut berdasarkan legenda tadi diinterpretasikan sebagai pembentukan kaldera dan tersingkapnya batuan yang penuh rekahan sebagai jalur keluarnya air dari bawah permukaan dan mengisi Danau Batur.

Jika memang sumber air Danau Batur berasal dari bawah tanah (magmatic atau juvenile water), hal itu bisa menjadi cerita tersendiri dan dapat dijadikan sebuah 'water heritage' bagi kawasan setempat karena keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Hal itu juga akan menambah kekayaan budaya dan wisata geosains di Kawasan Batur UNESCO Global Geopark yang selanjutnya meningkatkan upaya pelestarian dan pengembangan wisata kawasan tersebut.

Dalam perspektif geosains, masih banyak yang perlu dieksplorasi lebih lanjut mengenai keunikan air dan batuan di kompleks Batur, seperti hasil uji sedimen dan batuan Danau Batur yang belum diungkap dalam tulisan ini. (M-4)

 

Baca Juga

Dok.Humas/KLHK

Menteri LHK: HUT RI ke -77, Semangat Baru untuk Tumbuh dan Maju

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 15:25 WIB
Presiden RI terus mendorong para Menteri, dan aparat, birokrat, unit kerja lapangan untuk bekerja bersama masyarakat dan untuk...
FOTO/YouTube Sekretariat Presiden

Dere Bersyukur Bisa Tampil di Istana Meriahkan Upacara HUT RI

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:59 WIB
Saat upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Negara, Dere tampil memukau menyanyikan lagu berjudul "Rayuan Pulau Kelapa"...
ANTARA/ Maulana Surya

Kemendagri: APBD 2023 Alokasikan Anggaran Pendidikan Agama dan Keagamaan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:50 WIB
Perhatian Pemerintah Daerah dalam layanan pendidikan masyarakatnya sangat penting, baik layanan pendidikan umum maupun pendidikan agama dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya