Selasa 08 Februari 2022, 18:44 WIB

Pemasangan Ventilator tidak Selalu Membuat Pasien Kesakitan

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pemasangan Ventilator tidak Selalu Membuat Pasien Kesakitan

AFP
Ilustrasi - Ventilator covid-19.

 

BANYAKNYA masyarakat yang mempertanyakan apakah intubasi atau pemasangan alat bantu pernapasan berupa ventilator kepada pasien akan menyakitkan atau tidak. Dokter Spesialis Anestesiologi RS Universitas Indonesia (RSUI) dr Aino Nindya Auerkari Sp.An menjelaskan tenaga kesehatan pasti akan berusaha sebaik mungkin agar pasien tetap nyaman selama menggunakan ventilator.

"Pada dasarnya selang nafas merupakan tidak alamiah yang ada di tubuh manusia jadi pasti tubuh akan memperlakukan selang nafas seperti benda asing sehingga bagi orang yang sadar pasti akan tidak nyaman," kata Aino dalam dialog The Expert: Dilema ICU yang Perlu Anda Ketahui, Selasa (8/2).

Baca juga: 3 Harimau Sumatera Lahir di Sanctuary Barumun

Selang nafas ini biasanya dipasang lewat mulut kemudian dari mulut masuk ke tenggorokan melewati pita suara dan akan berhenti di atas paru-paru. Jadi tujuannya supaya memberikan oksigen langsung ke atas paru-paru.

"Proses masukin benda asing lewat mulut masuk dalam tenggorokkan pasti bikin pasien batuk dan tersedak. Oleh sebab itu supaya pasien nyaman dan bisa mentoleransi selang nafas maka dokter pasti memberikan obat-obatan," ujarnya.

Hal itu dilakukan agar pasien tidak terganggu dan tetap merasa nyaman. Adapun obatnya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan pasien tetapi yang paling penting bersifat anti nyeri sehingga pasien tidak merasakan sakit apabila ada selang nafas.

Kemudian bersifat yang membuat pasien cenderung tidur hal itu agar pasien bisa mentoleransi selang-selang ini dengan baik.

"Tujuan kita memberikan obat-obatan yang tadi dibilang dan obat-obatan adalah percaya walaupun di tempat tidur itu pasien tetap bisa merasakan senyaman mungkin," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Menteri Johnny akan Hadiri ITU PP 2022 untuk Pencalonan ITU Council dan Anggota RRB

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 07:43 WIB
Khusus untuk pencalonan kandidat Indonesia di RRB Region Asia Pasifik, Pemerintah Indonesia juga akan meminta dukungan dari negara-negara...
MI/Dok Kemenkominfo

Sekjen Kominfo Paparkan Akselerasi Transformasi Digital di Bucharest Ministerial Roundtable

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 07:38 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan Indonesia juga memaparkan langkah akselerasi...
Dok. DPR RI

Revisi UU Kepariwisataan akan Permudah Turis Asing Masuk ke Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 07:35 WIB
Ia mengungkapkan, mendapatkan informasi dari Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) bahwa yang terjadi saat ini di Bali, turis asing...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya