Senin 24 Januari 2022, 12:53 WIB

Unpad Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Nasional Versi 4ICU uniRank

Faustinus Nua | Humaniora
Unpad Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Nasional Versi 4ICU uniRank

MI/Naviandri
Ilustrasi

 

Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk sepuluh besar perguruan tinggi terbaik nasional berdasarkan '2021 Indonesian University Ranking' versi 4ICU uniRank. Unpad meraih peringkat ke-9, meningkat signifikan dari peringkat ke-30 pada tahun sebelumnya.

Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad Arif Firmansyah menjelaskan, 4ICU uniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria sudah diakreditasi oleh organisasi resmi, menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana, serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.

Dalam pelaksanaannya, uniRank mengukur kinerja perguruan tinggi menggunakan empat mesin pengukur kinerja website yang berbeda, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, dan Majestic Referring Domains Trust Flow.

Arif melanjutkan, strategi penguatan website Unpad memfokuskan pada peningkatan kualitas konten dan optimasi pendukung mesin pencari (SEO). Peran website institusi sangat memengaruhi terhadap penilaian ini.

Dengan peringkat Unpad yang meningkat signifikan, ini berarti strategi kemudahan pencarian informasi di mesin pencari dan konten website yang berkualitas telah efektif dilakukan. "Artinya SEO kita semakin baik, penataan website Unpad juga semakin baik, dan di satu sisi Unpad gencar menghapus konten spam yang berdampak pada kualitas trust flow yang semakin baik,” kata Arif dalam keterangannya, Senin (24/1).

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, peningkatan kinerja Unpad di 4ICU uniRank menunjukkan bahwa berbagai informasi dan kinerja Unpad telah tersampaikan dengan baik melalui website dan mampu menjangkau global. “Unpad semakin beradaptasi pada tuntutan pemanfaatan teknologi, khususnya pemanfaatan web Unpad untuk mendukung komunikasi dan informasi untuk pendidikan, riset, inovasi, dan pengabdian pada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, tidak hanya pengukuran berbasis website, 4ICU uniRank juga menilai popularitas perguruan tinggi berdasarkan media sosial. Dalam hal ini, Unpad berhasil masuk lima besar perguruan tinggi Indonesia yang populer di media sosial.

Pada pemeringkatan '2021 Facebook University Ranking', Unpad menduduki peringkat ke-4 nasional dengan jumlah like 190.783. Sementara pada '2021 Twitter University Ranking', Unpad menduduki peringkat ke-3 nasional dengan jumlah pengikut sebanyak 975.412.

Pada pemeringkatan '2021 Instagram University Ranking', Unpad menduduki peringkat ke-5 nasional dengan jumlah pengikut 263.761 dan jumlah unggahan 2.977.

Arif menilai, pemeringkatan berdasarkan kinerja media sosial oleh 4ICU uniRank dilakukan untuk melihat pengaruh media sosial terhadap popularitas perguruan tinggi. Hal ini menjadi catatan bahwa kinerja perguruan tinggi di dunia maya tidak hanya dilihat dari website, tetapi juga media sosial.

Karena itu, strategi penguatan kinerja Unpad juga perlu didukung oleh penguatan di aspek media sosial. Media sosial yang dimiliki antarunit kerja di lingkungan Unpad perlu semakin diperkuat sinergitasnya dan mengerucut pada media sosial resmi Unpad,,

“Setiap konten yang terkandung tidak termuat secara langsung di setiap sosial media, namun wajib harus termuat di setiap website berdomain unpad.ac.id,” tutup Arif. (OL-12)

Baca Juga

DOK Daop 5 Purwokerto

Penumpang Kereta Api Masih Diwajibkan Bermasker

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:52 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan kepada para pelanggan bahwa masker tetap wajib digunakan selama berada di stasiun dan perjalanan...
Dok Universitas Mercu Buana (UMB).

UMB Penerima Terbanyak Dana Hibah Penelitian LLDIKTI III

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:46 WIB
Universitas Mercu Buana (UMB) menjadi peguruan tinggi swasta yang terbanyak menerima dana hibah penelitian 2022 di Lembaga Layanan...
Bahauddin/MCH

Pemerintah Kebut Vaksinasi Jemaah Haji

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:40 WIB
Muhadjir Effendy mengungkapkan pemerintah terus kebut vaksinasi covid-19 jemaah haji untuk memenuhi syarat yang diwajibkan oleh Pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya