Selasa 11 Januari 2022, 00:36 WIB

Kemenkes Fokuskan Pasien Omikron Akan Dirawat di Rumah Saja

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes Fokuskan Pasien Omikron Akan Dirawat di Rumah Saja

Setkab
Budi Gunadi Sadikin

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menargetkan pasien omikron nantinya cukup dirawat di rumah dengan dilihat tingkat keparahannya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa memang kenaikan transmisi omikron akan jauh lebih tinggi dari varian delta tetapi yang dirawat jauh lebih sedikit.

"Dengan begitu sehingga strategi layanan dari Kemenkes akan digeser yang sebelumnya fokusnya ke rumah sakit sekarang fokusnya ke rumah. Karena akan banyak orang yang terkena dan tidak perlu ke rumah sakit," kata Budi dalam konferensi pers PPKM secara daring, Senin (10/1).

Baca juga: Badan POM: Booster untuk Meningkatkan Kadar Antibodi Covid-19

Kemenkes sudah melakukan penelitian terhadap 414 pasien omikron terkait gejala yang hanya perlu dirawat di rumah atau di RS dan kategori yang berat, sedang, dan ringan.

Kemenkes juga sudah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine untuk memastikan agar orang yang harus dirawat di rumah tetap bisa mendapatkan akses untuk konsultasi kedokteran dan juga bisa mendapatkan akses untuk delivery obatnya.

Kemenkes juga sudah bekerja sama dengan startup di bidang logistik dan Kimia Farma untuk bisa memastikan obat-obatannya bisa sampai.

Selain itu Budi juga mengungkapkan dari jumlah kasus omikron yang ada di Indonesia yakni sebanyak 414 kasus dan sudah dilakukan penelitian yang masuk kategori sedang artinya membutuhkan perawatan dengan oksigen hanya 2 orang, yakni berusia 58 tahun dan 47 tahun dan keduanya memiliki komorbid.

Kemudian dari 414 orang yang dirawat karena omikron 114 orang atau sekitar 26% sudah sembuh termasuk yang dua orang tersebut yang masuk kategori sedang dan membutuhkan perawat oksigen sehingga mereka bisa kembali ke rumah.

"Jadi kesimpulannya memang walau pun omikron ini cepat transmisinya tapi relatif lebih ringan dari keparahannya," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist/DPR

Puan Minta Pencabutan PPKM Harus Miliki Strategi Matang

👤┬áSri Utami 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:18 WIB
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah memertimbangkan rencana pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat...
MI/ADAM DWI

Jamaah Calon Haji di atas 65 Tahun yang Tidak Bisa Berangkat Jangan Tarik Setoran Awal

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:16 WIB
Karena masih ada harapan tahun depan penyelenggaraan haji bisa kembali normal tanpa ada batasan...
Antara

Jokowi: Perlu Komitmen Global untuk Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:14 WIB
Sebagai tuan rumah GPDRR 2022, Indonesia siap berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai mitigasi bencana, sekaligus belajar dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya