Kamis 09 Desember 2021, 06:20 WIB

Merawat Kucing Liar di Kampus

MI | Humaniora
Merawat Kucing Liar di Kampus

Dok. Istimewa

 

DI luar kegiatannya mengelola akun @infovaksindiy dan bekerja di salah satu kampus di Yogyakarta, selama pandemi ini Desy juga disibukkan dengan kegiatan memberi makan kucing-kucing liar yang ada di kawasan kampusnya. Ia bersama sekitar 10 orang bergantian berkeliling ke tiga kampus di Yogyakarta untuk mengecek situasi hewan-hewan yang ada di kampus.

“Ketika pandemi, kampus tutup dan kantinnya libur. Sementara ada banyak kucing jalanan di area kampus sehingga selama pandemi ini bikin inisiatif sesama pencinta satwa untuk merawat mereka. Dari memberi makan, membawa ke klinik kalau ada yang sakit, hingga melakukan sterilisasi supaya kucing tidak berkembang biak,” terang Desy, melalui konferensi video kepada Media Indonesia, Senin, (6/12).

Kegiatan tersebut sudah dimulai secara rutin oleh Desy dan beberapa kawannya sejak 2019. Salah satu yang dikhawatirkan Desy karena di masa pandemi ini kucing-kucing jalanan yang ada di sekitar kampus kesulitan mencari makan karena tidak ada kegiatan perkuliahan.

“Risikonya mereka akan ke perkampungan dan nanti mengganggu masyarakat, misalnya mereka sakit, itu juga ada risiko. Jadi, kami berinisiatif merawat kucing-kucing itu. Kalau kampus masuk, kan mungkin ada mahasiswa yang peduli bisa bantu bawa ke klinik. Kalau kampus tutup, kan susah,” ujarnya.

Ketika Desy dan kawan-kawannya menemukan kucing yang sakit, mereka pun akan membawa ke klinik. Selain itu, kucing juga akan mendapat jatah giliran untuk disteril untuk mencegah berkembang biak. “Sudah ada sekitar 15 kucing yang disteril dari tiga kampus. Itu bergantung pada donasi yang masuk,” ujarnya. (Jek/M-4)

Baca Juga

Dok UHAMKA

Uhamka Bersama Menteri BUMN Launching Start Up Hasil Inovasi Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:26 WIB
UHAMKA menggelar Kuliah Umum dengan tema Sinergitas Pendidikan dalam Menguatkan Perilaku Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat di Era New...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:16 WIB
"Penelitian menunjukkan, dengan olahraga, fokus belajar menjadi lebih baik, stamina jadi lebih bagus sehingga anak betah berlama-lama...
Dok UPH

Profesor Baru di Lingkungan Dikti Wilayah III: Inspirasi dan Pencerah untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:49 WIB
Guru Besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada dosen yang sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya