Rabu 10 November 2021, 19:04 WIB

Menkes Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Penularan Covid-19 di Tempat Kerja 

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Menkes Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Penularan Covid-19 di Tempat Kerja 

Antara / FB Anggoro
Pekerja mempraktekkan protokol kesehatan di tempat kerja

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan setiap perusahaan dan pekerja untuk selalu melindungi dari potensi paparan covid-19 yang bisa saja terjadi di sekitar. 

"Pandemi covid-19 mengingatkan kita akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja untuk melindungi para pekerja dari potensi bahaya kecelakaan penyakit akibat kerja dan masalah kesehatan lain di tempat kerja termasuk penyakit menular atau wabah yang saat ini melanda," kata Budi dalam webinar Tren Masa Depan Dunia Kerja dan K3 Usai Pandemi dari Katadata X ILO, Rabu (10/11). 

Saat ini masih terdapat risiko yang tinggi untuk menggerakkan kembali berbagai roda aktivitas sosial dan ekonomi secara normal mengingat pandemi belum dapat diperkirakan akan berakhir. 

Oleh karenanya, setiap orang wajib menyiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan covid-19 di lingkungan tempat kerja. Karena tempat tersebut merupakan locus yang memiliki potensi penularan covid-19 yang cukup tinggi. 

"Aktivitas di tempat kerja dan di luar seperti di perjalanan, aktivitas sosial, keluarga, tempat tinggal, dan lingkungan masyarakat secara timbal balik dan saling mempengaruhi kasus covid-19," ujar Budi. 

Upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di tempat kerja dapat meliputi mengaktifkan penggunaan skrining barcode PeduliLindungi dan pengecekan suhu pada setiap pengunjung tempat kerja. 

Baca juga : Epidemiolog belum Bisa Pastikan Indonesia Kembali Normal dari Pandemi

Kemudian mengaktifkan Satgas di lingkungan tempat kerja untuk melakukan pengawasan perilaku dan menindaklanjuti suspect atau kasus konfirmasi yang ditemukan di tempat kerja. 

"Ketiga yakni meningkatkan kepedulian terhadap orang di sekitar tempat kerja untuk saling mengingatkan dalam mematuhi protokol kesehatan. Keempat melakukan vaksinasi covid-19 lengkap dan mendukung rekan kerja yang belum divaksinasi agar mau divaksin," jelasnya. 

Terakhir tingkatkan kemampuan diri dalam mengenali gejala covid-19 sehingga dapat segera mengenali orang yang bergejala di sekitar tempat kerja. 

Menurutnya dengan meningkatkan kewaspadaan dini melalui upaya-upaya ini para pekerja dapat berkontribusi dalam upaya menurunkan angka penularan yang selanjutnya berkontribusi pula terhadap penanggulangan pandemi di masyarakat. 

"Sehingga diharapkan ke depannya juga dapat mendukung keberlangsungan usaha pemulihan dan pertumbuhan ekonomi serta produktivitas nasional yang lebih tinggi dengan memperkuat dan meningkatkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Zen

Tingkat Keterbacaan Kanal Pemerintah Masih Rendah

👤Ayu Isrianti, Pranata Humas BMKG 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:10 WIB
Humas kementerian/lembaga punya peran strategis dalam menyampaikan kebijakan pemerintah. Salah satu alat yang digunakan adalah siaran...
DOK Humas Husada

Erick Thohir Hadiri Peringatan HUT Perkumpulan dan Rumah Sakit Husada

👤Widhoroso 🕔Kamis 27 Januari 2022, 21:54 WIB
PERKUMPULAN dan Rumah Sakit Husada, Kamis (27/1) merayakan ulang tahun yang...
MI/Susanto

Pesan Indonesia Untuk Dunia dari Labuan Bajo

👤Muhammad Rosyid, Kementerian Perdagangan 🕔Kamis 27 Januari 2022, 21:40 WIB
LABUAN Bajo, Nusa Tenggara Timur segera berbenah. Surga tersembunyi ini akan menjadi tuan rumah perhelatan kelas dunia yaitu trade,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya