Minggu 24 Oktober 2021, 10:58 WIB

Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia Gelar Munas VIII

Mediaindonesia.com | Humaniora
Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia Gelar Munas VIII

DOK PTGMI.
Pelantikan Ketua Umum PTGMI terpilih periode 2021-2025 Zaeni Dahlan pada Munas VIII di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

 

PERSATUAN Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) merupakan organisasi profesi tempat berhimpun para terapis gigi dan mulut seluruh Indonesia yang memiliki peran sebagai pembina, pengayom, pengembang, dan pengawas mutu pendidikan, pelatihan, ilmu dan teknologi, serta pelayanan profesi terapi gigi dan mulut. Hal itu dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

Pada 21-24 Oktober 2021, PTGMI melaksanakan Musyawarah Nasional VIII yang bertempat di Hotel G'Sign Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang mengambil tema Melangkah Pasti, Mencapai Keunggulan Profesi. Tema tersebut menggambarkan niat dan komitmen profesi terapis gigi dan mulut Indonesia untuk terus menunjukkan pengabdian sebagai tenaga kesehatan.

Munas VIII PTGMI diselenggarakan sebagai hierarki tertinggi organisasi dengan menghadirkan utusan Dewan Pengurus Daerah dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Pada Munas VIII para utusan memilih dan menetapkan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PTGMI untuk periode 2021-2025 yaitu Zaeni Dahlan untuk melanjutkan arah langkah organisasi untuk periode kepengurusan berikutnya.
 
Pada Munas itu, terapis gigi dan mulut se Indonesia menyatakan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mengimplementasikan transformasi kesehatan. "Kami berjanji untuk berupaya lebih giat dalam menunjukkan kinerja pelayanan kesehatan gigi dan mulut sehingga derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik akan tercapai," ujar Ketua Umum DPP PTGMI Zaeni Dahlan dalam keterangan resmi, Minggu (24/10).

Wujud dari dukungan terhadap transformasi kesehatan, lanjut Zaeni, dilaksanakan melalui program peningkatan dan pengembangan profesi melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta mutu pelayanan profesi berdasarkan keilmuan yang diakui, baik di tingkat nasional maupun internasional. Tujuan akhirnya yaitu memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.

"Walaupun kesehatan gigi dan mulut belum menjadi perhatian utama dalam upaya pelayanan kesehatan, terapis gigi dan mulut tetap berkomitmen menjalankan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berorientasi pada peningkatan status kesehatan masyarakat, melalui pelayanan interprofessional collaboration atau kolaborasi antarprofesi," urainya. Tujuannya, imbuh dia, menyediakan akses pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara merata kepada seluruh masyarakat.

Terapis gigi dan mulut se-Indonesia juga menyatakan kesiapsediaan untuk terus menerus berperan serta dalam penerapan strategi penanggulangan pandemi covid-19. Terapis gigi dan mulut akan terus berada di garis terdepan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan kebiasaan baru dalam upaya mengatasi penyebaran covid-19. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Ayo Mengenal Kacamata Lensa Photocromic

👤Nabil 🕔Kamis 02 Desember 2021, 11:00 WIB
Lensa Photochromic terlihat seperti lensa biasa yang jelas ketika di dalam ruangan, tetapi di luar ruangan, lensa akan secara otomatis...
ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

Momentum Bonus Demografi, Lulusan PT Diharapkan Ciptakan Lapangan Kerja

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:25 WIB
Masyarakat usia produktif dapat menjalankan tiga fungsi yaitu dapat menghidupi dirinya sendiri, menghidupi mereka yang tidak atau belum...
ANTARA

Tampil di Waiwai World Fair 2021, Tim Seni Budaya Indonesia Pukau Warga Shizuoka

👤 Faustinus Nua 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:05 WIB
Diplomasi budaya ini sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya