Jumat 22 Oktober 2021, 17:33 WIB

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Tokoh Pers dengan Tema 'Lawan'

mediaindonesia.com | Humaniora
Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Tokoh Pers dengan Tema

Ist
Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ditjen Kebudayaan, Ahmad Mahendra, membuka Pameran Tokoh Pers di Balik Sumpah Pemuda.

 

MUSEUM Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), menggelar Pameran Tokoh Pers di Balik Sumpah Pemuda dengan tema “Lawan!” di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Pameran ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021.

Hadir memberi sambutan dalam pembukaan kegiatan pameran, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendibud-Ristek, Ahmad Mahendra.

“Berbicara tentang Sumpah Pemuda, harus kita sadari bahwa fondasi kebangsaan Indonesia dibangun oleh tradisi pers para pemuda Indonesia di awal abad 20. Pers saat itu adalah alat perlawanan terhadap kolonialisme, sekaligus menyatukan kolektivitas tanah air dalam kesadaran berbangsa,” ungkap Mahendra.

Ahmad Mahendra juga menambahkan, para pemuda dengan patriotismenya di era pergerakan nasional sebagian besar adalah para jurnalis, seperti Tjipto, Soekarno, Siti Sundari, W.R. Supratman, dan sebagainya. 

"Mereka bergerak bersama melawan penjajah, mengabarkan semangat persatuan Indonesia, dan juga menyadarkan masyarakat bahwa mereka mempunyai sebuah bangsa bernama Indonesia yang layak untuk diperjuangkan dan dimerdekakan," tuturnya.

“Sangatlah tepat Museum Sumpah Pemuda mengadakan Pameran Tokoh Pers di Balik Sumpah Pemuda yang mengusung tema “Lawan!”. Kita bisa belajar dari pengalaman sebagai sebuah bangsa, betapa pentingnya merawat semangat persatuan dan kebinekaan kita dalam simpul kebangsaan,” jelasnya.

Selain itu, Ahmad Mahendra mengatakan,"Dengan semangat itu, kita bisa bangkit dan bergerak bersama agar Indonesia tetap tumbuh sebagai negara yang merdeka dan berdaulat."

“Jika dahulu kita bersatu melawan kolonialisme, sekarang kita bergotong royong, menyongsong tantangan demi tantangan Indonesia di era global,” pesannya.

Pameran yang bertajuk “Lawan!” ini merupakan refleksi perjuangan tokoh pers Sumpah Pemuda menghadapi Pemerintah Kolonial Belanda. Mereka sebagian besar adalah jurnalis yang kerap menggelorakan semangat kebangsaan Indonesia.

Pameran “Lawan!” dapat dikunjungi secara langsung pada 22-31 Oktober 2021 di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Pameran ini juga dapat dilihat secara daring mulai tanggal 22 Oktober- 9 November 2021 melalui media Zoom Meeting dan laman pameran https://www.pameranlawan.com.

Melalui daring, pengunjung akan disuguhi konten kreatif dan layanan tur virtual 360° sehingga memberikan pengalaman nyata seolah-olah berkunjung secara langsung.(RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Susanto

Kapolri Prediksi Mobilitas Selama Libur Nataru Libatkan 19 Juta Warga

👤Dede Susianti 🕔Sabtu 27 November 2021, 15:13 WIB
Hal itu, lanjutnya, menjadi perhatian pihaknya demi untuk menjaga agar laju pertumbuhan tidak naik atau terjadinya penularan...
DOK Kemendikbudristek

Gernas BBI 2021 Libatkan UMKM Dan Satuan Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 27 November 2021, 15:12 WIB
(Kemdikbudristek kembali ditunjuk untuk menjadi manajer kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas...
Dok.MI/ARIZONA SUDIRO

Kepala BKN Instruksikan ASN yang Terlanjur Cuti Nataru Harus Dibatalkan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 27 November 2021, 14:55 WIB
Bagi ASN yang sudah jauh-jauh hari berniat mengambil cuti akhir tahun, apalagi berlibur, segera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya