Selasa 28 September 2021, 10:15 WIB

Cara Menghitung Diskon Persen

Sofia | Humaniora
Cara Menghitung Diskon Persen

ANTARA/Yusuf Nugroho
Sejumlah pengunjung memilih pakaian yang dijual di salah satu pusat belanja di Kudus, Jawa Tengah.

 

DISKON adalah kata yang selalu menarik. Namun, ternyata masih banyak yang masih bingung dengan cara menghitung diskon. Kalau cara menghitungnya aja kita masih bingung, bisa-bisa kita terjebak dengan produk diskon tersebut. Sudah disodorkan tulisan diskon besar, tergiur, beli, pas sampai meja kasir eh kok beda ekspektasi ya. Itulah mengapa kita harus paham perhitungan diskon.

Diskon merupakan hal yang lumrah dijumpai para pecinta belanja, baik belanja di toko secara langsung atau diskon belanja di situs online-shop. Tapi apakah kalian sudah mengetahui apa diskon itu? Secara kebahasaan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diskon memiliki arti potongan harga.

Menurut beberapa penuturan sejumlah ahli, diskon juga didefinisikan sebagai pengurangan harga sebuah barang atau jasa yang diberikan oleh produsen kepada konsumen dengan sejumlah kondisi, bisa karena konsumennya telah memenuhi syarat tertentu, memiliki loyalitas tinggi terhadap produsen dan sebagainya. 

Baca juga: Tahukah Kamu Apa Itu Kajian Pustaka?

Karena itu, untuk memuaskan konsumen maka produsen sering memberikan potongan harga bagi konsumen.

Dalam dunia bisnis, diskon sering dipakai oleh perusahaan sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Semakin besar diskon, semakin besar pula minat konsumen untuk membeli produk tersebut. 

Karena itu, diskon mampu mempengaruhi psikologi konsumen, yang secara simultan berdampak positif terhadap kinerja bisnis. Semakin besar diskon maka semakin besar minta konsumen dan akhirnya permintaan terhadap produk makin tinggi.

Macam-Macam Diskon Belanja

1. Diskon potongan harga

Strategi ini merupakan salah satu yang paling sering dijumpai, khususnya dalam bisnis makanan dan minuman atau produk kebutuhan harian lainnya. 

Produsen biasanya menetapkan batasan minimal harga tertentu sebagai syarat untuk memperoleh pengurangan harga. Contohnya pada pemesanan makanan secara daring, restoran akan memberi potongan Rp 10.000 jika pembelian minimal Rp 40.000.

2. Diskon dalam Persen

Strategi pemberian diskon dengan mematok persentase juga populer dalam dunia bisnis. Biasanya strategi ini dilakukan dengan mematok persentase tertentu dari harga sebagai harga diskon. 

Misalnya sebuah toko pakaian memberikan diskon untuk semua jenis baju kemejanya 30% yang artinya harga kemeja di toko tersebut berkurang 30% dari harga aslinya.

3. Pemberian Hadiah

Bukan dengan mengurangi harga dalam persentase atau nominal tertentu, produsen juga sering memberikan tambahan produk khusus sebagai hadiah terhadap konsumen. Biasanya produsen memberikan hadiah khusus bagi konsumen setiap pembelian produk mereka dalam ketentuan tertentu. Misalnya, penjual pakaian gamis yang memberikan sebuah hijab khusus yang diproduksi secara terbatas oleh perusahaan kepada konsumen langganan mereka.

Rumus Cara Menghitung Diskon dan Contohnya

Jika harga Akhir (X) = Harga Awal (A) – Diskon (D)
dan, Diskon (D) = Persen Diskon (%D) x Harga Awal (A)

Untuk mendapatkan nilai X, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menemukan nilai Diskon (D). Ini merupakan diskon yang didapatkan dalam bentuk nominal.

Sebagai catatan, karena persentase merupakan akumulasi dari nilai per-100 artinya nilai dari 25% adalah 25/100. Atau untuk lebih mempermudah, dapat dilakukan dengan mengubah nilai persen tersebut menjadi angka desimal. Caranya dengan memindahkan nilai nol (25% berarti 25,00%) dua kali ke sebelah kiri sehingga menjadi 0,25.

Contoh:

Sebuah mainan anak di mal A dijual dengan harga Rp250.000. Namun karena sedang bertepatan dengan hari anak sedunia, harga mainan didiskon 30%. Berapa biaya akhir yang harus dibayarkan untuk membeli satu mainan setelah mendapat diskon?

Jawab:

Langkah pertama, tentukan dulu nilai diskon dalam bentuk nominal harga.

D = %D x A
D = 30% x 250.000
D = 75.000

Lalu, gunakan rumus selanjutnya.

Harga Akhir (X) = harga awal (A) – D
X = 250.000 – 75.000
X = 175.000

Jadi, orang tersebut hanya perlu membayar Rp 175.000 untuk membeli mobil mainan anak setelah mendapat diskon 30% dari toko. (OL-1)

Baca Juga

AFP

WHO Sebut Belum Ada Laporan Kematian Akibat Varian Omicron

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 16:35 WIB
WHO telah memperingatkan bahwa perlu waktu berminggu-minggu untuk menentukan seberapa menular varian...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

21 Daerah Alami Peningkatan Kasus, Pemda Diminta Tingkatkan Pelacakan Kontak

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:56 WIB
Adapun, sejumlah daerah tersebut mengalami peningkatan kasus akibat klaster komunitas, mulai dari klaster sekolah, perkatoran, pasar, dan...
dok.mi

Apa Sih Hipotesis Itu? Ini Contohnya Biar Kamu Tau

👤Sofia 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 13:30 WIB
KITA seringkali mendengar kata hipotesis, tapi belum tau pasti apa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya