Senin 27 September 2021, 20:14 WIB

Kasus Covid-19 Menurun, Luhut: Justru Hati-hati

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Kasus Covid-19 Menurun, Luhut: Justru Hati-hati

Antara
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan

 

Per 26 September, kasus konfirmasi nasional dilaporkan turun 96,6% dari puncaknya pada 15 Juli 2021 lalu. Namun, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap varian baru covid-19.

"Di Pulau Jawa-Bali (kasus covid-19) terus menurun dan angka ini membaik. Tapi, angka-angka ini membuat kita tidak boleh berpuas diri, justru hati-hati," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (27/9).

Dia memaparkan, kasus konfirmasi covid-19 di Jawa dan Bali menyusut 98% dari puncak pada 15 juli 2021. Angka kasus harian per 26 September di wilayah tersebut sebesar 864 kasus.

Untuk rasio kasus positif covid-19 atau positivity rate nasional disampaikan Luhut, sudah dibawah 2% atau berada di angka 1% per tujuh hari belakangan ini.

"Jadi, kami hitung per 7 hari. Itu angkanya juga membaik. Lalu, Kalau ada orang berkomentar testing kita cuma 30.000, sekarang yang di-testing itu rata-rata 170 ribu per hari. Jadi, angka ini cukup oke," imbuh Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, angka kesembuhan nasional yang mencapai 95,62%. Sementara itu, tingkat kematian nasional 3,36%, dan luar Jawa-Bali adalah 3,08%. "Kalau kita lihat secara keseluruhan di luar Jawa-Bali situasi di level 4 asesmen pada 13 Agutus lalu ada 11 provinsi, dan pada 26 september hampir seluruh provinsi sudah tidak ada," imbuhnya. (OL-12)

Baca Juga

Ist/Hotel Sahid Serpong

Semangat Berbagi Telah Kembali, Hotel Sahid Serpong Gelar Donor Darah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 12:08 WIB
Seluruh karyawan Hotel Sahid Serpong bersemangat dan telah kembali mendonorkan darah setelah 8 bulan vakum dari kegiatan donor...
Dok. Universitas Indonesia

AHS, Integrasi Pendidikan dan Kesehatan Hasilkan Inovasi Layanan Publik

👤Faustinus Nua 🕔Senin 18 Oktober 2021, 12:05 WIB
Salah satu manfaat terbesar implementasi AHS dalam bidang kesehatan adalah inovasi pemeriksaan mikrodelesi kromosom Y...
Antara

Temukan Model Toleransi, Mahasiswa UNY Lulus PIMNAS ke-34

👤Muhamad Fauzi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 10:46 WIB
PERBEDAAN paham menjadi sebuah keniscayaan. Penelitian studi kasus yang dilakukan oleh mahasiswa UNY di Masjid Agung Mataram, Kotagede,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya