Minggu 05 September 2021, 14:51 WIB

Rerie: Bangun Kemandirian Bangsa untuk Hadapi Tantangan Pascapandemi

mediaindonesia.com | Humaniora
Rerie: Bangun Kemandirian Bangsa untuk Hadapi Tantangan Pascapandemi

MI/Briyanbodo Hendro
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat mengikuti upacara kemerdekaan RI secara virtual bersama keluarga dan staf.

 

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menekankan perlunya mendorong kemandirian bangsa untuk menjawab tantangan di masa kenormalan baru, tepatnya setelah pandemi covid-19.

"Dalam menjalani norma baru pascapandemi covid-19, tentu memerlukan berbagai sarana pendukung. Diharapkan kita sebagai bangsa mampu mempersiapkannya secara mandiri," ujar Rerie, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertuli, Minggu (5/9).

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Kurangi Risiko Dampak Sosial Negatif untuk Anak

Menurut Rerie, sejumlah sarana pendukung, seperti vaksin covid-19 dan alat tes covid-19, diharapkan dapat diproduksi secara mandiri di dalam negeri. Pembuatan vaksin nusantara dan sejumlah vaksin lain produk domestik, merupakan langkah antisipatif dan strategi mewujudkan kemandirian bangsa. 

Sejumlah peralatan lain, seperti alat uji untuk menerapkan test swab antigen dan PCR yang menjadi salah satu persyaratan perjalanan, juga diharapkan mampu diproduksi oleh anak negeri. Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap pandemi covid-19 bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun kemandirian bangsa.

Baca juga: Nakes Akui Pembayaran Insentif Dilakukan dengan Cepat dan Tepat Sasaran

Menurut Rerie, era disrupsi yang terjadi saat ini menuntut semua bangsa untuk melakukan berbagai perubahan dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman. Berbagai kebijakan yang bersifat strategis dan antisipatif, harus terus dihasilkan. Tujuannya, menghindari ketergantungan dari luar dalam menjawab tantangan.

"Salah satu yang bisa diupayakan, segera bangun kemandirian bangsa dengan memaksimalkan potensi anak bangsa yang kita miliki. Untuk menekan ketergantungan kita terhadap negara lain di sejumlah bidang," pungkas Rerie.(RO/OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PPKM Level 2 Jakarta Diperpanjang Hingga 31 Januari 2022

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:39 WIB
Pemerintah memutuskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di DKI Jakarta diperpanjang hingga 31 Januari ini. Hal ini...
Dok BenihBaik.com

501 Anak Panti Asuhan Terima Donasi Rp98.997.600 dari TheFoodHall

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:23 WIB
Sebanyak 501 anak panti asuhan di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi menerima donasi senilai Rp98.997.600 dari...
Ant/Akbar NG

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 30 Januari, Jabodetabek Level 2

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:36 WIB
PEMERINTAH memperpanjang aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali hingga 30 Januari. Jabodetabek masuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya