Rabu 18 Agustus 2021, 12:30 WIB

Vaksin Merah Putih Unair Siap Diproduksi Awal Tahun Depan

Atalya Puspa | Humaniora
Vaksin Merah Putih Unair Siap Diproduksi Awal Tahun Depan

Antara
Ilustrasi: Peneliti Unair masih mendalami proses pembuatan vaksin Covid-19

 

KETUA Peneliti Vaksin Merah Putih dari Universitas Airlangga (Unair) Fedik Abdul Rantam, menargetkan vaksin covid-19 buatan UNAIR bisa diproduksi pada kuartal 1 2022 mendatang.

Saat ini, penelitian vaksin merah putih yang dilakukan UNAIR telah memasuki uji preklinik tahap dua, yakni pengujian vaksin pada hewan.

"Saat ini pada uji preklinik tahap dua, kami belUm bisa memberikan hasil secara keseluruhan karena memang belum selesai. Tapi sementara respon yang kita dapatkan mulai dari fisik sampaik fisiologi, dari uji preklinik tersebut dan adanya respon umun seluler antibodi ini menujukan tren yang lebih baik," ungkap Fedik dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (18/8).

Adapun, sebelumnya pada uji prekilinik tahap satu, ia menyatakan, pihaknya telah mendapatkan hasil yang baik dari sisi imugenisitas dan toksisitas. Selain itu, hasil yang baik juga terlihat dari respon imun humoral dan seluler.

"Ini berarti dosis yang kita berikan berfungsi dan mudah-mudahan sesuai degan kebutuhan masyarakat Indonesia sehingga bisa menginduksi antibodi yang lebih baik," ucap dia.

Selain terus melakukan penelitian untuk menuju fase produksi, Fedik menyatakan pihaknya juga telah menyiapkan redisain untuk menyesuaikan perkembangan kondisi di lapangan.

"Redisain kami siapkan krena ini adalah penting. Pengembangan vaksin tanpa adanya redisain tidak akan bisa. Karena kita harus terus menyesuaikan keadaan di lapangan," beber dia.

Seperti diketahui, UNAIR menjadi salah satu lembaga yang turut berkontribusi dalam penelitian vaksin merah putih. Adapun, vaksin yang dikembangkan UNAIR merupakan vaksin tipe inactivated virus. Dalam hal ini, nantinya vaksin hasil penelitian UNAIR akan dikembangkan dan diproduksi melalui PT Biotis. (OL-13)

Baca Juga: Sentra Vaksinasi Bangkit untuk Merdeka dari Covid-19 Sasar Ibu Hamil

Baca Juga

Ist

Nongshim Ajak Masyarakat Tak Sisakan Makanan Saat Makan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:02 WIB
Karena salah satu sampah organik itu berasal dari sisa makanan yang saat ini menjadi salah satu kekhawatiran dunia. dan turut memicu...
dok.ist

Konferensi Tahunan IHRS Kembali Dihelat Tahun Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:30 WIB
SETELAH dua tahun tidak diselenggarakan akibat pandemi COVID-19, kini, Indonesia HR Summit (IHRS), sebuah konferensi tahunan mengenai...
Ist

Film 'Bias' Karya Hanung Bramantyo Tembus Lebih dari 1 Juta Views

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:17 WIB
IFG Life merilis sebuah serial film pendek berjudul Bias karya sineas kenamaan Hanung Bramantyo yang ditayangkan melalui platform...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya